Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Depok, Sri Utami

DepokNews– Fraksi PKS Kota Depok menolak usulan Fraksi PDIP dan Gerindra yang mangajukan pansus Covid-19. Alasan penolakan tersebut karena FPKS menilai Pemkot Depok sudah cukup maksimal dalam penanggulangan Covid-19.

“Sejauh ini kami melihat DPRD sudah cukup baik mengawal percepatan penggulangan Covid -19 oleh pemda Depok. Seperti refocusing anggaran sejauh ini dibahas bersama di rapat banggar, dan dihadiri ketua komisi dan diperluas dg ketua-ketua fraksi serta gugus covid dan semua OPD terkait juga hadir,”ujar ketua FPKS Sri Utami saat dihubungi. Kamis (4/6/2020).

Selanjutnya pada forum tersebut dijelaskan pergeseran anggaran dijelaskan secara transparan baik nominal anggaran dan untuk apa, baik untuk pencegahan, penanganan pasien dan untk jaring pengaman sosial.

“Dan sejauh ini komisi-komisi juga sudah melakukan pengawalan peruntukannya. Untk APD berapa, untk pembelian rapid dan PCR test berapa, kerjasama denga RS rujukan berapa dan juga untuk jaring pengaman sosial,”katanya.

Selain itu untul bansos juga bisa dilihat tujuannya karena BNBA (By name by addres) dan diberikan dalam bentuk uang tunai tidak dalam bentuk sembako karena menghindar kesalahan prosedur dalam pengadaannya

“Demikian juga dalam penyalurannya setiap anggota dewan turut mengusulkan anggota masyrakat/ calon penerima untk menyisir mereka yg belum menerima bansos. Jadi menurut kami cukup dimaksimalkan alat kelengkapan dewan seperti jika terkait anggaran bisa lebih intens dengan banggar jika terkait dengan hal teknis bisa denga komisi. Disana bisa lebih tajam, dalam dan fokus membedah jika ada yang dipertanyakan,”pungkasnya.