DepokNews–Setelah melalui tahap penyeleksian, Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) melalui Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek) telah memilih anggota Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor UI (P3CR UI).

Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, kepada wartawan mengatakan pada Senin (1/7) sore mengatakan
nama-nama tersebut telah sesuai dengan komposisi yang telah ditetapkan. Terdiri dari unsur dosen, masyarakat, mahasiswa dan tenaga kependidikan.

Rinciannya dari masyarakat (7 orang), masyarakat (2 orang), mahasiswa (2 orang) dan tenaga kependidikan (2 orang). Total ada 13 orang.

Ketiga belas anggota P3CR tersebut adalah Prof. Dr. Yuki Yolizar (Wakil Dosen), Dr. Donny Gahral Adian, M. Hum (Wakil Dosen), Prof. Dr. Agus Sardjono, S.H., M.H. (Wakil Dosen), Prof. Dr. Wibowo Mangunwardoyo, M.Sc. (Wakil Dosen), Elvia R Shauki, SE Ak, CA, PhD (Wakil Dosen), Dr. Sigit Mulyono, S.Kp., M.N (Wakil Dosen), Prof. Dr. Anna Erliyana, S.H., M.H. (Wakil Dosen), Stanislaus Suharwanta (Wakil Tenaga Kependidikan), Abdul Subur, S.E. (Wakil Tenaga Kependidikan), Vyan Tashwirul Afkar – Wakil Mahasiswa (Program Sarjana), Drs. Harris Susanto, M.Hum – Wakil Mahasiswa (Program Pascasarjana), Idwan Suhardi, PhD – Wakil Masyarakat (Umum), dan Riri Satria – Wakil Masyarakat (Alumni UI).

Rangkaian proses pemilihan anggota P3CR UI sudah mulai sejak Mei. Tahap awal adalah Pendaftaran (22 Mei – 10 Juni 2019) ; Seleksi P3CR oleh Pansus Pilrek (11 – 18 Juni 2019) ; Penetapan

Anggota P3CR oleh MWA (19 Juni 2019). “P3CR merupakan panitia yang dibentuk oleh MWA untuk melakukan penjaringan dan penyaringan calon Rektor UI.

Pemilihan Rektor UI merupakan salah satu tugas dan kewajiban MWA UI,”katanya.

UI membuka kesempatan bagi sivitas akademika UI dan masyarakat luas untuk mencalonkan diri menjadi P3CR.

Syarat untuk menjadi anggota P3CR adalah berintegritas, profesional, memiliki kompetensi yang diperlukan, tidak memiliki konflik kepentingan, tidak berafiliasi dan bukan anggota partai politik, memiliki jejaring yang luas serta berkomitmen untuk kepentingan UI.

Anggota P3CR juga harus memiliki kompetensi dalam pengelolaan universitas untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang mencakup Manajemen pendidikan tinggi, Manajemen sumber daya manusia, Manajemen keuangan, Kewirausahaan, Tata kelola dan Hukum.

Tugas dari P3CR ini nantinya adalah melakukan kegiatan operasional dan teknis terkait pemilihan Rektor UI masa untuk masa jabatan 2019 – 2024.