DepokNews–Santri merupakan bukti sejarah bagi Indonesia. Sejak masa perjuangan hingga hari ini, kalau melihat sejarah peran Santri dan Ulama, dri Aceh, Sumatera Barat, Jakarta, Jawa, Kalimantan, Sulawesi  dan berbagai wilayah lainnya, semua pejuang-pejuang dalam merebut kemerdekaan   adalah santri dan ulama.

Hal tersebut dikatakan, Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat, Imam Budi Hartono, salah satu tokoh muda Jawa Barat yang relejius dan dekat dengan para Ulama dan Santri.

“Kita, santri memperjuangkan kemerdekaan negara – mempertahankan kemerdekaan dengan semangat dan jiwa kepahlawanan dari konsep-konsep pesantren (Islam), karena kemerdekaan tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan,’ kata Bang Imam sapaan akrabnya, Selasa (22/10/2018), bertepatan dengan Hari Santri Nasional

Menurut Bang Imam,  dimasa pembangunan para santri juga terdedikasi menjaga keutuhan negara dan bangsa. Kemajuan bangsa tidak bisa dinilai hanya sekedar dari pembangunan fisik saja tapi juga mental spritual.

“Cita-cita negara untuk mewujudkannegara yang  baldatun thayyibatun wa Rabbun Ghafur (negeri yang subur dan makmur, adil dan aman) akan tercapai manakala pesantren maju – santri kuat – indonesia sejahtera. Amin ya robalalamin,” tutur Bang Imam.

Bang Imam mengucapkan Hari Santri Nasional, dan berharap peran santri akan semakin besar untuk membawa Indonesia menjadi negara yang maju dan bermartabat.

“Santri merupakan salah satu penerus bangsa yang bukan hanya memiliki nilai relejius saja. Namun dalam diri santri memiliki nilai intelektual. Di balik keberhasilan bangsa yang besar tentu ada campur tangan doa serta usaha dari para santri.  Selamat Hari Santri 22 Oktober 2018,” pungkas Bang Imam.