Depoknews- Penerapan konsep pertanian perkotaan atau urban farming di Kota Depok Jawa Barat perlu dilakukan terobosan-terobosan dan juga dilakukan secara terorganisir agar hasil yang dicapainya nanti sangat memuaskan.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Wali Kota Depok terpilih Pilkada 2020, Imam Budi Hartono disela-sela acara panen raya konsep urban farming di Sekolah Master Kota Depok, beberapa waktu lalu.

Konsep urban farming diperlukan terobosan-terobosan agar hasilnya maksimal,” tegas Imam.

Untuk itu perlu adanya organisasi penggerak supaya masyarakat tidak bergerak secara personal tapi terorganisir secara baik.

Sehingga standar keseriusannya bisa ada dan kita akan gunakan teknologi untuk itu supaya warga akan lebih semangat lagi menjalankan konsep pertanian perkotaan tersebut.

Imam mencontohkan dalam panen hasil Urban Farming kali ini warga sudah melakukan cocok tanam dengan sederhana dengan hanya menggunakan pot dari kantong plastik, yang perlu diperhatikan adalah menggunakan media tanam yang cocok sehingga akan tumbuh dengan baik.

“Ketika sudah diawali dengan kesadaran gerakan komunitas dari masyarakat tersebut maka perlu adanya penggerak agar lebih terorganisir untuk mencapai hasil yang baik,” kata Imam.

“Urban farming” adalah konsep pengolahan lahan dari pertanian konvensional ke pertanian perkotaan dengan prinsip memanfaatkan lahan sempit dengan berbagai bentuk seperti kebun komunitas, halaman rumah, berkebun di atap atau balkon rumah, maupun lahan kosong untuk membantu ketahanan pangan.

Imam mengatakan tata ruang dan wilayah Kota Depok merupakan kawasan penyangga Ibu Kota DKI Jakarta, sehingga harus sesuai dengan kondisi di lapangan, sekarang ini terkait masalah lahan pertanian atau berkebun untuk kehidupan petani bisa memanfaatkan konsep pertanian “urban farming”.

Dikatakannya masih bertahannya budi daya tanaman buah belimbing yang selama ini menjadi ikon Kota Depok, harus dipertahankan karena masih banyak petani atau pemilik lahan yang berkebun buah belimbing di Kecamatan Cimanggis, Sawangan, Bojongsari dan Pancoran mas.

“Namun semua harus dipetakan hingga tetap bisa dipertahankan tanaman belimbing tersebut.

Nantinya juga dibutuhkan penyuluhan-penyuluhan pertanian yang mengenal betul konsep “urban farming,” tandasnya.(Mia)