Depok – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengaku bahagia kediamannya di Cluster Acacia diramaikan oleh puluhan anak yatim. Pasalnya, dengan banyaknya anak yatim tersebut banyak pula doa yang mengalir bagi diri dan keluarganya.

“Alhamdulillah, doa anak yatim adalah doa yang langsung diijabah oleh Allah SWT, jadi saya senang mereka meramaikan kediaman saya,” kata Imam Budi Hartono di rumahnya, Jum’at (9/4/2021).

IBH, sapaan akrabnya sedikit menjelaskan tentang yatim dalam al-Quran. Dia menyebutkan, Islam sangat memuliakan anak yatim, bahkan tercatat ada 22 ayat tentang anak yatim dalam Al-Quran.

“Anak yatim adalah seseorang yang kehilangan ayahnya sebelum mencapai usia dewasa. Menanggung anak yatim berarti mengurusi segala keperluan hidup, mengasuh, mendidik, dan menyantuni,” kata IBH menjelaskan.

Dia juga menjelaskan tentang Firman Allah SWT didalam Al-Quran, “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik,” (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

Dalam surat dan ayat yang lain kata dia, yaitu surat Ad – Dhuha ayat 6, Allah SWT menyebutkan Nabi Muhammad SAW adalah seorang yatim.

Bahkan kata IBH, dalam sebuah hadis Ibnu Majah disebutkan, “Sebaik-baik rumah di kalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk.” (HR. Ibnu Majah).