Ir. Imam Budi Hartono

DepokNews– Calon Wakil Wali Kota Depok,Imam Budi Hartono membeberkan bahwa berorganisasi sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Manusia sebagai makhluk sosial tentunya tidak bisa menjalankan aktivitasnya sendiri jadi butuh orang lain untuk saling melengkapi dan diorganisasi hal tersebut merupakan sebuah kebiasaan.

” Dalam Islam sendiri, manusia itu harus mempunyai dua hal pertama habluminallah hubungan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala, beribadah hanya semata-mata kepada Allah. Yang kedua habluminannas hubungan baik kepada sesama manusia seperti kita hidup rukun damai bersama seluruh manusia yang ada di muka bumi ini baik di lingkungan RT atau RW bahkan yang paling kecil keluarga,”katanya. Selasa (15/12/2020).

Menurutnya amat disayangkan jika dalam kehidupan kita tidak terlibat dalam suatu organisasi. Sebab jika organisasi itu bergerak di bidang sosial maka kita akan memiliki rasa solidaritas kepada sesama manusia.

” Bahkan permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan baik masalah bencana alam atau masalah-masalah kehidupan. Seperti masyarakat kurang mampu bisa kita bantu dengan solidaritas bersama anggota yang ada di dalam organisasi itu sendiri,”katanya.

Selanjutnya di dalam organisasi diajarkan untuk berkorban yaitu pengorbanan baik dari segi waktu, tenaga dan bahkan pikiran serta dana.

“Yang tak kalah penting adalah pikiran dan jiwa untuk kemajuan organisasi dan membesarkan organisasi,”ujarnya.

Pengorban jiwa dan raga sangat penting, waktu masa penjajahan di Indonesia banyak sekali organisasi-organisasi yang mendapat tekanan dari penjajah dan bukan hanya sekedar tekanan sosial tapi juga tekanan jiwa.

” Bahkan banyak pahlawan kita gugur akibat para penjajah. Itu waktu era kemerdekaan menjadi pelajaran bagi kita pentingnya berorganisasi,”bebernya.

Selain itu dalam organisasi juga diajarkan manajemen akuntansi, keuangan, dan surat-surat menyurat atau administrasi. Kemudian yang tak kalah penting dalam organisasi adalah masalah kepemimpinan.

” Masalah kepemimpinan ini menjadi kawah candradimuka bagi seseorang. Kita ibisa menjadi seorang pemimpin baik skala RT, RW bahkan skala kota atau bahkan skala nasional,”

” Saya sendiri berpengalaman di sebuah organisasi dari mulai organisasi kecil di rohani Islam di sebuah SMA Negeri 3 Jakarta. Sampai kebawa ke Universitas, dan alhamdulillah juga sekarang di karang taruna dan ternyata Allah memberikan amanah saya menjadi anggota DPRD dan pengalaman organisasi kepemimpinan dalam organisasi ke bawah bahkan Alhamdulillah jika tidak ada halangan saya akan dilantik menjadi Wakil Wali Kota Depok,”pungkasnya.