Ikatan Alumni Teknik Industri Universitas Gunadarma Gelar Lepas Sambut dan Kuliah Umum Untuk Lulusan Angkatan ke-18

Posted on 320 views

DepokNews — Ratusan sarjana Teknik Industri Universitas Gunadarma angkatan ke 18 / tahun 2017 mengikuti lepas sambut, kuliah umum dan workshop. Kegiatan tersebut digelar di Universitas Gunadarma Kampus Simatupang, Jl. TB. Simatupang Jakarta Selatan, Sabtu (18/11/2017).

Acara ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. E.S. Margianti. Dalam sambutannya ia berpesan agar para alumni bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menjaga nama baik Universitas Gunadarma. “Saya berharap alumni kedepan akan lebih baik membawa nama Universitas Gunadarma,” katanya.

Sedangkan Ketua Pelaksana, Nurjannah ST. MT, menjelaskan tujuan acara tersebut untuk membentuk jaringan dan memberi wawasan dan bekalan kepada alumni dalam menghadapi dunia kerja maupun jenjang pendiidkan selanjutnya.

“Tujuan kegiatan ini supaya para mahasiswa dan alumni membangun jaringan dan pengembangan eksitensinya, kita membentuk Ikatan Alumni Teknik Industri Universitas Gunadarma (IKATINMA) sudah lama, dan kita sudah mengadakan beberapa kegiatan, seperti reuni dan kita rencanakan acara seperti ini akan kita laksanakan setiap tahun,” kata Nurjannah.

Nurjannah juga menjelaskan kiprah para alumni Teknik Industri Universitas Gunadarma dalam dunia kerja bukan hanya di Indonesia namun juga di luar negeri. “Ada beberapa alumni yang sudah bekerja di Jepang dan di Eropa,” tambah Nurjanah.

Hal senada dikatakan Ketua IKATINMA Dwiana Setiyowati, ST MM yang merupakan lulusan tahun 1996, angkatan pertama Teknik Industri Universitas Gunadarma. Ia menjelaskan, para alumni Teknik Industri lebih kurang 90 persen terserab dalam berbagai lapangan pekerjaan.

“Bidang pekerjaan yang bisa digeluti lulusan teknik industri itu banyak, karena di teknik industri banyak hal yang dipelajari, seperti psikologi industri, statistik, jadi lulusan teknik industri itu bukan hanya bisa bekerja dibidang industri atau pabrik saja, namun luas dibidang-bidang yang lain,” jelas Dwiyana yang saat ini sebagai dosen dan juga sebagai general manager pada sebuah perusahaan startup.

Dwiana juga menjelaskan IKATINMA mempunyai visi, Alumni Teknik Industri Universitas Gunadarma di manapun dalam mengabdikan dirinya, harus terpanggil dan wajib turut serta secara aktif, kritis, santun dan bertanggung jawab, serta menjadi pelopor dalam menjaga dan mewujudkan semangat, nafas, dan cita-cita pembangunan nasional

Acara lepas sambut sendiri berjalan lancar, lepas sambut ini ditandai dengan pelepasan secara simbolis jaket almamater beberapa peserta untuk diganti dengan jaket alumni.

Setelah acara lepas sambut acara dilanjutkan dengan kuliah umum dengan tema “Kesiapan Lulusan Teknik Industri Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” yang disampaikan oleh Doktor Faizal Safa.

Dalam materinya Doktor Faizal Safa memaparkan pentingnya membangun sektor idustri agar pertumbuhannya jauh diatas peertumbuhan ekonomi di Indonesia dan peran yang bisa dilakukan perguruan tinggi dalam membangun sektor industri tersebut. Kegiatan ini pada hari berikutnya akan dilanjutkan dengan workshop.

Berita terkait:  Doktor Muda Lulusan Gunadarma Ini Ingin Segera Raih Gelar Profesor