DepokNews-Seperti tahun-tahun sebelumnya dalam setiap hari raya Idul Adha jamaah Masjid Al-Marjan yang berada di Komplek Permata Depok Regency (PDR) Kelurahan Ratujaya Kecamatan Cipayung Kota Depok selalu melakukan pemotongan hewan kurban. Pada Idul Adha 1440 H/2019 M ini jumlah hewan kurban yang dipotong terdiri dari 22 ekor sapi dan 69 ekor kambing. Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding Idul Adha tahun lalu.

Karena banyaknya hewan kurban yang dipotong, suasana pemotongan tampak sangat ramai, disamping jumlah panitia yang besar juga para pengorban dan masyarakat luas antusias menyaksikan prosesi pemotongan yang dilakukan di area Masjid Al-Marjan, Ahad (11/8/2019)

Meski jumlah hewan kurban sangat banyak serta masyarakat umum yang hadir menyaksikan sangat ramai namun acara penyembelihan dan pemotongan hewan kurban sangat rapi. Pemotongan tulang menggunakan gergaji listrik.

Ketua Panitia pemotongan hewan kurban Masjid Al-Marjan, Ustad Sudaryanto atau yang akrab dipanggil Ustad Anto menjelaskan, daging kurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat luas, baik untuk warga PDR maupun warga di luar PDR.

“Daging kurban kita kemas, lebih kurang akan menjadi lebih kurang empat ribuan kantong, tiap kantong beratnya sekitar 1,5 kg, selanjutnya daging tersebut kita distribukasikan, untuk para asisten rumah tangga, petugas keamanan dan warga PDR. Sebagian besar kita distribusikan ke wilayah terdekat dengan PDR berdasarkan permintaan lembaga yang mengajukan proposal. Hal ini kita lakukan supaya daging kurban bisa sampai ke yang berhak menerima tanpa banyak kerumunan warga yang antri ditempat pemotonagan,” kata Udstad Anto.

Ustad Anto mengucapkan terima kasih kepada para pengkurban yang telah menyisihkan sebagian rejekinya untuk berbagi kepada sesama demi mencari ridho Allah SWT.
“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pengkurban, semoga Allah SWT menerima amal ibadah kurban dan juga amal-amal sholeh lainnya, Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua paniita dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, sehingga penyembelihan, pemotongan dan pendistribusian hewan kurban bisa beerjalan dengan lancar,” tutur Ustad Anto.

Hal senada dikatakan Ketua DKM Masjid AL-Marjan Ustad Hendra Saputra yang menjelaskan semua warga PDR termasuk yang non muslim akan dibagi daging kurban tersebut.
“Semua warga PDR insya Allah dapat, termasuk non muslim,” kata Ustad Hendra.

Untad Hendra juga menjelaskan, ia bersama seluruh jajaran DKM dan masyarakat PDR ingin menjadikan Masjid Al Marjan sebagai masjid yang makmur, dengan banyaknya warga yang melaksanakan sholat jamaah di masjid dan banyak kajian keagamaan.

“Dengan memakmurkan masjid, semoga Allah SWT memakmurkan kita semua, untuk bapak-bapak mari kita melaksanakan sholat lima waktu berjamaah di masjid, sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Rosulullah,’ pungkas Ustad Hendra Saputra.