DepokNews–Calon Walikota Depok nomor urut 2, Dr. KH. Mohammad Idris. MA, melakukan kunjungan warga di kawasan Mekarsari, Pada Hari Minggu (18/10/2020). Turut Hadir 40 Orang yang terdiri dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Ketua RT, RW, LPM, dan Relawan.

Diawal sambutannya, Idris menjelaskan tentang program kesehatan daerah yang saat ini dikelola oleh program Jaminan Kesehatan Nasional, sehingga seluruh pengobatan gratis yang dilakukan di rumah sakit/puskesmas hanya bisa menggunakan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan tidak diperkenankan hanya menggunakan KTP karena menyalahi aturan UU JKN.

“Melalui SK Kementerian Dalam Negeri, Pemda tidak lagi diperkenankan mengelola JAMKESDA dengan manfaat yang sama seperti JKN atau skema ganda, sehingga pelayanan kesehatan di daerah dikelola oleh BPJS sebagai program dari Jaminan Kesehatan Nasional”. Ujar Idris

Idris menlanjutkan bahwa saat ini Kota Depok telah menanggung hampir 500.000 warga Kota Depok untuk dibayarkan BPJS nya lewat anggaran APBD dan hal tersebut akan terus ditingkatkan. “Kedepan kita akan terus tingkatkan penerima bantaun iuran (PBI) lewat ukuran warga tidak mampu yang dikeluarkan oleh BPS, sehingga masyarakat Kota Depok dapat merasakan pemerataan Kesehatan”. Ucap Idris.

Selama Mohammad Idris menjadi Walikota Depok, Kota Depok telah memperlihatkan kemajuan pelayanan dasar pada bidang kesehatan antara lain, Pembangunan RSUD wilayah Timur yang bisa digunakan pada 2021, Pelayanan Puskesmas Rawat Inap 24 Jam di Kecamatan, dan telah membangun 8 Gedung Puskesmas Baru. Dalam 5 Tahun kedepan hal ini akan terus dilanjutkan dengan pembangunan Posyandu dan Posbindu di Setiap RW sebagai kesehatan dasar di masyarakat.

Salah satu Ketua RW setempat, Heru mengatakan bahwa Idris merupakan pemimpin yang rasional, sehingga janji kampanye yang diberikan tidak semata-mata hanya mendulang suara dan bisa diterima oleh masyarakat.

“Pak Idris yang saya tahu janji-janjinya memang realitis dan selalu diwujudkan, sehingga hal ini memang harus di pertahankan dan tinggal ditingkatkan saja, masyarakat berharap Pak Idris bisa terus melanjutkan kepemimpinannya menjadi Walikota Depok”. Tutup Heru.