IBH Wacanakan Kereta Gantung di Kawasan Puncak Bogor

DepokNews–Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat Imam Budi Hartono mewacanakan transportasi kereta gantung di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

“Soal kereta gantung sudah kita godok dan ada di rencana tata ruang Jabar,” kata salah satu anggota DPRD Jawa Barat, Imam Budi Hartono.

Dia mengatakan rencananya moda transportasi kereta gantung akan disiapkan di sepanjang jalur puncak dengan tujuan ke sejumlah lokasi wisata.

Jadi masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanannya bisa memarkirkan mobilnya di kantung parkir yang disiapkan.

Nah kereta gantung ini nantinya bisa diakses untuk menuju sejumlah destinasi wisata.

Imam mengakui, wacana transportasi kereta gantung masih dalam tahap kajian, termasuk soal anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan rancangan tersebut

Tinggal siapa pihak ketiga yang mau berinvestasi.

Sebab pemerintah dimanapun tidak bisa hanya mengandalkan APBD (anggaran pendapatan belanja daerah) harus ada pihak ketiga, baik itu CSR ataupun penenaman modal.

Selain gagasan kereta gantung, Imam juga berharap wacana jalur Puncak II bisa segera direalisasikan. 

“Karena memang enggak ada alternatif lain kecuali itu (jalur Puncak II),” ujarnya.

Terakit hal tersebut, Imam mengatakan, pihaknya telah mengakomodir di rencana tata ruang wilayah Jawa Barat yang baru.

“Sudah kami bahas, termasuk di dalamnya ada pengembangan otonomi baru, Bogor timur. Intervensi sudah kami lakukan, mudah-mudahan bisa dipercepat.”katanya.

Ketika disingung soal berapa besaran anggaran terkait wacana proyek tersebut, Imam mengaku belum mengetahui secara detail.

“Soal anggaran belum ada putusan berapa besarannya. Tapi ini sangat penting, sebab Puncak enggak bisa dilakukan rekayasa lalin.

Kalaupun ada pelebaran tetap akan terjadi kemacetan, kecuali ada alternatif tadi.