Imam Budi Hartono (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews–Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengelontorkan bantuan puluhan miliar untuk Kota Depok untuk infrastruktur dan sosial pada 2019 ini.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Imam Budi Hartono IBH) mengatakan, bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ada beberapa yang nilainya puluhan miliar dengan rincian untuk kesehatan, normalisasi kali, situ, dan perbaikan jalanan, dan pembangunan aunderpas di perlintasan rel kereta api.

“Kurang lebih Rp 21,5 miliar dan itu akan ditambah lagi dengan bantuan pembangunan memperindah Situ Rawa Kalong sekitar Rp 29 miliar yang ada di Depok dan aunderpas untuk mengurang kemacetan,” katanya saat halal bihalal di rumahnya baru-baru ini.

Imam Budi menyebutkan, bantuan yang paling besar dari Rp 21, 5 miliar ini adalah kesehatan yakni sekitar Rp 15 miliar dengan rincian membayar subsidi jaminan kesehatan ke BPJS Kesehatan.

Selain itu, Rp 1,6 miliar untuk penangulangan sampah yang ada di Kota Depok.

Banyak lagi proyek pembangunan dari APBD Pemrov Jabar lainya seperti perbaikan Jalan KSU Depok dengan panjang 8 kilo sebesar Rp 20 miliar dan aunderpas yang akan direalisasikan pada 2020.

Pembangunan infrasturktur ini menambahkan, terkait pembuangan sampah dari Depok ke TPA Regional Lulut Nambo, Kabupaten Bogor masih belum bisa dilakukan tahun ini.

Sebab kata dia, terakhir meninjau ke TPA Regional Lulut Nambo pembangunanya masih 70 persen dan untuk teknologi dari Korea Selatan dan Jerman.

“Kami harap Depok bersabar dan mengurangi sampah dengan mengantifkan bank sampah untuk memilah sampah sehingga sampah yang dibuang ke TPA Cipayung tidak banyak,katanya