DepokNews — Bakal Calon Wali Kota Depok dari PKS, Imam Budi Hartono (IBH) mengungkapkan santri adalah sebutan bagi orang yang belajar di Pondok Pesantren. Selain itu Imam juga mengungkapkan bahwa santri adalah gambaran Indonesia karena tokoh – tokoh dalam sejarah Indonesia adalah para santri.

“Itulah alasan mengapa diperingati sebagai hari santri setiap tanggal 22 Oktober dan sudah 6 tahun yang lalu ditetapkan. Pesantren juga adalah gambaran mini indonesia karena para santri berasal dari berbagai daerah di Indonesia, “ujarnya saat dikonfirmasi. Rabu (23/10/2019).

Menurut IBH para santri adalah panutan sebab mereka dididik untuk mengerti agama dan ilmu tentag kehidupan. Sehingga dihormati dan diminta pendapat atas segala sesuatu baik dalam hal kehidupan di Desa, Kota dan bahkan dalam mengelola negara.

“Karena islam memang mengatur segalanya baik urusan ibadah kepada Allah maupun pola hubungan sosial sesama termasuk kehidupan berbangsa,”pungkasnya.

IBH juga membantah jika pondok pesantren dan santri dikaitkan dengan terorisme dan radikalisme. “Tidak benar itu. Pesantren sejak jaman penjajah belanda sudah banyak berjuang dan berkorban demi kemerdekaan RI,” katanya.

Menurutnya Stigma islam radikal, islam teroris harus dihapus, islam itu Rahmatan lil Alamin. “Kalo ada itu oknum. Betapa banyak juga para radikalisme muncul diluar islam baik di indonesia maupun di dunia,” tuturnya.