Hydros Team UI Raih Juara Dua dalam Ajang Kompetisi Teknologi Kapal Dunia

DepokNews–Empatbelas mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) yang tergabung dalam Hydros Team UI mengkreasikan dua buah Kapal bernama HeavyWeight Mark III dan Kapal LightWeight Mark II serta berhasil meraih juara dua dalam ajang kontes kapal dunia “Hydrocontest 2018” yang diselenggarakan di Saint Tropez,  Perancis, 2 – 9 September 2018 yang lalu.

Ketua Hydros Team UI, Mufty N. Aulia kepada wartawan mengatakan adapun keempat belas mahasiswa tersebut adalah Mufty Noer Aulia, Vania Juliani Utami,  Nabila Alifani,  Azizah Nilam Wandira, Bayu Anugerah Pratama, M. Fa’iq,  Vidi Wardhana, M. Aziz Murdianto,  Naufal Muhadzib Rafif, Alvin Raditya Putra,  M. Fuad Syahrudin,  M. Akbar, Haekal Dwiputera, Aprian Hidayat dan Narenda Putra Dipta.

mengatakan kapal ini membawa konsep plat datar yang merupakan kapal khas UI –  dengan desain monohull semi-trimaran dengan tujuan mendapatkan stabilitas yang baik dan menekan biaya produksi menjadi lebih hemat.

Pada kategori long distance race, Hydros tim kami dari UI berhasil mengungguli tim dari negara Swiss, Spanyol,  Perancis. Sedangkan juara satu diraih oleh tim Southamptom dari Inggris. Pada kategori ini, kapal harus menempuh lintasan sebanyak mungkin dalam waktu 1 jam,”katanya.

Dia menuturkan,  “Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang minim teknologi kemaritiman.

“Melalui ajang ini kami ingin membuktikan bahwa pandangan tersebut salah dan kami ingin mengasah diri terus agar kelak dapat membangkitkan teknologi maritim di Indonesia.”katanya

Kapal HeavyWeight Mark III  dilengkapi dengan fitur water tunnel yang akan memaksimalkan aliran air untuk propulsi. Kapal memiliki konsep plat datar yang meniadakan proses bending, membuat proses produksinya lebih mudah dan murah, sehingga sangat cocok diterapkan di Indonesia.

Lebih lanjut, Kapal LightWeight Mark II dibangun dengan konsep kapal symmetric catamaran yang dilengkapi dengan hydrofoil.

Kapal ini memiliki stabilitas yang baik serta hydrofoil diharapkan dapat meningkatkan kecepatan kapal. Kapal memiliki fitur inverted axebow untuk memecah gelombang air laut. Kapal ini juga diharapkan dapat beroperasi pada tingkat efisiensi tinggi.

Perlombaan Hydrocontest 2018 tahun ini digelar di salah satu pantai terbaik Saint Tropez, Plage des Canebiers, dan untuk acara puncak di hari terakhir diadakan di old port yang berada di pusat kota. Perlombaan berlangsung pada 2-9 September 2018 ini diikuti oleh 28 tim dari 15 negara.

Terdapat tiga kategori race dan tujuh kategori non-race. Tiap tim membuat 2 kapal yang bisa ditandingkan pada semua kategori terutama kategori race.

Kapal tersebut terdiri dari kapal lightweight race yang akan membawa beban 20 kg dan kapal heavyweight race yang akan membawa beban 200 kg, selain itu juga terdapat kategori long distance race.

“Selain berhasil meraih peringkat dua, Hydros Tim UI kami juga masuk di 8 besar lightweight race dan 12 besar heavyweight race,”katanya.