HUT Ke-70 Koperasi di Depok Meriah, Berlangsung Tiga Hari Dengan Berbagai Kegiatan

Posted on 17 views


DepokNews — Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 70 Koperasi di Kota Depok sangat meriah, kegiatan yang di pusatkan di Halaman Balai Kota Depok ini akan berlangsung selama tiga hari, Jumat – Ahad (4/8 – 6/8/2017). Acara ini secara resmi dibuka oleh Walikota Depok Mohammad Idris ditandai dengan mengucapkan lafal Basmallah dan pemukulan gong.

Acara tersebut diawali dengan tarian daerah yang dibawakan oleh sanggar lebah,Beji. Ketua sanggar merasa sangat senang bisa diundang untuk tampil pada pembukaan HUT ke 70 Koperasi ” Senang sekali bisa diundang kesini untuk membuka acara tersebut”. ujar, Iyus Ketua sanggar

Sebelum melakukan pembukaan Walikota memberikan penghargaan kepada koperasi yang berprestasi dalam berbagai katagori. Salah satu koperasi berprestasi yang menerima penghargaan tersebut Koperasi Primer Kartika Mandiri Sejahtera Kodim 0508/Depok.

Pada kesempatan tersebut Walikota juga memberikan sambutan, dalam sambutannya ia menegaskan koperasi merupakan salah satu pilar perekonomian suatu wilayah atau negara.

“Koperasi merupakan badan usaha yang paling sesui dengan jiwa UUD ’45 karena  koperasi di Indonesia dalam menjalankan kegiatan adalah berdasarkan kekeluargaan dan gotong royong,” jelas Idris.

Idris juga mengungkapkan, 70% dari keseimbangan perekonomian di Kota Depok berasal dari aktifnya UMKM dan Koperasi. Dalam waktu dekat, komitmen pemerintah untuk bisa memajukan dan menggeliat kan UMKM dalam memfasilitasi khususnya pada bidan distribusi, akan direalisasikan dalam bentuk gerai UMKM.

“Kita berkomitmen dapat mendirikan  gerai UMKM, insya lloh dalam waktu dekat. Saya minta, bersama (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) TAPD bisa dianggarkan tahun 2018 untuk pembangunan gerai UMKM bersama pengangaran pembuatan alun-alun kota. Kita akan membangun sekitar 500 kios-kios UMKM untuk bisa menjajakan produksinya di alun-alun kota nantinya.” tuturnya.

Sebelumnya, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Mohammad Fitriawan juga membeerikan sambutan, ia mengatakan tema HUT Koperasi kali ini “Koperasi aktif dan sehat untuk Depok unggul. “Koperasi harus bisa memberikan kesejahteraan nyata bagi anggotanya dan masyarakat,” kata Fitriawan.

Adapun berbagai kegiatan dalam perayaan HUT ke 70 Koperasi tersebut antara lain: 

1. Bazaar produk koperasi dan UMKM tanggal 4-6 Agustus 2017.

2. Koperasi Award (penganugerahan koperasi) untuk koperasi berprestasi di Kota Depok.

3. Sarasehan perkoperasian pada 4 Agustus 2017

4. Donor darah, pada 4 Agustus 2017

5. Khitanan massal, pada 5 Agustus 2017

6. Lomba tari TK & SD, pada 4 Agustus 2017

7. Lomba mewarnai dan menggambar TK PAUD & TK, pada 5 Agustus 2017

8. Lomba Kudapan Nusantara, pada 6 Agustus 2017

9. Jalan sehat & Sepeda santai, pada 6 Agustus 2017.


(Eva & Desy)