HUT Damkar Ke-98, Walikota Depok Ajak Warga Lakukan Tindakan Preventif Bencana Kebakaran

Posted on

DepokNews — Walikota Depok Mohammad Idris mengajak warga untuk melakukan tindakan preventif atau pencegahan terhadap bencana kebakaran. Hal tersebut disampaikan pada Upacara Hari Kesadaran Bulan Maret yang dirangkai Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Ke-98, Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja Ke-67 dan Hari Ulang Tahun Satuan Perlindungan Masyarakat ke 55 Tahun 2017 Tingkat Kota Depok, di Lapangan Upacara Balaikota Depok, Jum’at (17/03/2017).

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan terhadap bencana kebakaran. Hal ini mengingat bahwa kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kehilangan pencaharian, kemunduran ekonomi serta kerusakan lingkungan,” kata Walikota mengingatkan. Dirinya berharap kepada seluruh satuan tugas pemadam kebakaran, satuan sukarela pemadam kebakaran, barisan sukarela pemadam kebakaran agar selalu siap siaga, jangan lengah, harus sigap, cepat, dan cerdas dalam menghadapi kebakaran.

Dalam momentum peringatan Hari Ulang Tahun Pemadan Kebakaran, dirinya mengapresiasi seluruh jajaran di Dinas Pemadam Kebakaran danPenyelamatan Kota Depok yang selama ini telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengatasi bencana kebakaran di Kota Depok. “Kita pun patut bersyukur, pada tahun 2016 yang lalu, kinerja Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok juga telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri RI, yaitu berupa penghargaan Bhakti Yudha Brama Jaya,”  ujar Walikota yang sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara. Penghargaan ini diberikan atas prestasi kinerja yang dicapai dalam pencegahan, dan penanggulangan kebakaran bangunan gedung publik, pemukiman penduduk, pabrik/industri dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan pengurangan risiko kebakaran.

Tanggal 1 Maret disepakati sebagi hari lahirnya Pemadam Kebakaran, pada Rakornas Tahun 2008, yang kemudian diperingati setiap tahunnya secara nasional di daerah masing-masing. Sehingga pada Tahun 2017, Pemadam Kebakaran genap berusia 98 tahun dengan semboyan “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya”.

Adapun sejarah Pemadam Kebakaran di Kota Depok yakni mulai dibentuknya UPTD Pemadam Kebakaran pada tahun 1982, kemudian menjadi Kantor Pemadam Kebakaran pada Tahun 2002. Selanjutnya pada Tahun 2008 ditingkatkan menjadi Dinas Pemadam Kebakaran. Kemudian dengan perkembangan Kota Depok yang sangat pesat, terhitung Tahun 2017 nomenklatur Dinas diubah menjadi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok. Penambahan tugas penyelamatan adalah untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Depok. Usai upacara, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok menyuguhkan atraksi penyelamatan kebakaran yang mensimulasikan kecelakaan mobil hingga mobil terbakar dimana korban terjebak didalamnya. Dengan sigap anggota Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok berupaya memadamkan api serta menyelamatkan korban. Dirgahayu Pemadam Kebakaran, selamat berjuang Satria Biru.