DepokNews—Intensitas hujan yang terus mengguyur daerah Jabodetabek mengakibatkan debit air di Bendungan Katu Lampa Deppok mengalami kenaikan. Menanggapi hal tersebut. Lurah Pondok Cina (Pocin) Bahrudin langsung bergerak cepat memeriksa kondisi Sungai Ciliwung yang melintas di wilayahnya.

“Hasil pantauan kami pagi tadi luapan air terjadi di pinggir sungai namun sudah mulai surut. Alhamdulillah tidak sampai ke pemukiman warga. Bersama LPM saya terus memantau,” katanya Senin (08/02/21).

Meski air sudah surut pihaknya meminta kepada masyarakat Pocin untuk tetap waspada dan mengamankan barang-barang warga ke tempat yang lebih tinggi serta menjaga keluarga agar tidak beraktivitas di bantaran sungai.

“Tinggi Muka Air (TMA) Bendungan Katulampa Siaga III, bahkan nyaris ke level II. Kondisi waspada itu sudah berulang kali terjadi dalam tiga hari terakhir ini. Maka nanti jika ada infomasi mengungsi warga harus sudah siap,” tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya dengan pengurus lingkungan termasuk Komunitas Ciliwung terus bekerja sama memantau level ketinggian air. Mulai dari Katulampa hingga ke Jembatan Panus selalu dipantau debet air Ciliwung.

“Kami terus berkoordinasi. Menyiapkan langkah antisipasi demi keselamatan warga,” tutupnya.