DepokNews–Hujan yang mengguyur Kota Depok disertai angin  pada Rabu (23/1) malam menyebabkan satu pohon di  Jalan Margonda tepatnya di simpang Siliwangi tumbang.

Pohon tumbang juga  merobohkan papan marka jalan yang berukuran  besar di Jalan Margonda, Kecamatan Pancoran Mas.

Saat kejadian jalan Margonda sempat ditutup karena pohon yang menutup jalan tersebut.

Salah satu warga M Nur kepada wartawan mengatakan pada Rabu (23/1) malam sekitar pukul 22:00 intensitas hujan turun dengan deras bahkan kilat atau gluduk.

Saat hujan deras tiba-tiba pohon yang berada di tengah median jalan Margonda tumbang dan merobohkan marka jalan hingga rubuh.

“Untungnya saat pohon rubuh dan papan reklame rubuh tidak ada pengendara bermotor yang melintas jika ada bisa tertimpa mereka”katanya.

Beruntung saat kejadian tidak ada warga yang melintas, tetapi pohon tersebut sempat menutup akses jalan ke arah jalan Kartini selama beberapa waktu.

Kemudiann petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok angsung mendatangi lokasi kejadian, kemudian melakukan kaji cepat dengan memotong dan meevakuasi pohon yang menutup jalan.

Petugas berhasil memindahkan pohon ke lokasi aman sehingga Jalan tersebut bisa dilintasi kendaraan bermotor.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok R Gandara Budiana membenarkan adanya pohon tumbang di Jalan Margonda.

“Kami kirim petugas ke lokasi dan lokasi pada Kamis (24/1) sudah bisa dilintasi kendaraan bermotor”katanya.

Gandara meminta masyarakat untuk waspada akan kejadian pohon tumbang karena saat ini intesitas hujan masih dikatakan tinggi

Ia mengatakan pada musim penghujan seperti ini, kerap terjadi hujan deras disertai angin kencang.

“Kami himbau untuk waspada jika ada hujan deras dan angin kencang ini, cek pohon-pohon di sekitar rumah, pangkas yang sekiranya sudah terlalu tinggi dan membahayakan, ini sebagai langkah mitigasi terhadap bencana”katanya.

Di lokasi berbeda di Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Sawangan pada Kamis (24/1) bongkahan Pohon Bambu alami longsor sehingga menutup bahu jalan tersebut.

Akibatnya angkot D 03 trayek Parung-Terminal Depok tertimpa namun tidak ada korban jiwa.

Dengan adanya kejadian itu arus lalu-lintas di Jalan Raya Sawangan alami kemacetan hingga mencapai satu kilometer dari kedua arahnya.
Area lampiran