HPN, Pesantren di Depok Gelar Upacara dan Doa

Posted on 25 views

DepokNews — Semarak Peringatan Hari Nasional terasa terutama di Pesantren di Depok. Hal itu diutarakan Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kota Depok KH. Bahrudin Toyib mengungkapkan bahwa Pondok Pesantren di Kota Depok menyelenggarakan beragam kegiatan. Ia mengaku, pihaknya menyelenggarakan doa untuk para pahlawan dan pejuang santri yang telah mendahului. Selain itu, Pesantren As-Salamah yang dipimpinnya juga mengadakan upacara memperingati HSN. “Tentunya dalam rangkaian HSN kita mengikuti juga rangkaian kegiatan panitia dari PC NU Kota Depok. Pesantren-Pesantren yang ada di Depok menyambut dengan semarak pada Peringatan HSN kali ini. Seperti di Pesantren Al-Hamidiyah, Qotrunnada, Al-Hidayah, Ar-Rahmaniyah, Himmatul Aliyah dan lainnya,”paparnya. Bojong Pondok Terong, Cipayung. Minggu (22/10).

Ia mengaku, di Pesantren yang dipimpinnya menyelenggarakan pembacaan Maulid, doa bersama. Ia menambahkan, dalam kesempatan tersebut juga  berpesan  agar  mereka bisa mengenal dan mengetahui sejarah perjuangan para santri. Terlebih lagi, lanjutnya, agar bisa lebih meningkatkan kompetensi dan Sumber Daya Manusia santri lebih mumpuni. “Kita berharap dengan HSN ini kembali kita gaungkan jati diri santri sebagai pejuang yang membela keutuhan NKRI. Sebab, tidak bisa dipungkiri dalam sejarah perjuangan dan kemerdekaan para santri turut serta berjuang. Tentunya, saat ini para santri bisa terus berkiprah dalam membangun bangsa dan Negara,”tandasnya.
Pengurus Pesantren As-Sa’adah Ust. Triyono bahwa pihaknya juga menyambut dengan beragam kegiatan. Ia mengaku, mengirimkan santrinya dalam perlombaan yang diselenggarakan oleh PC NU Depok seperti: MHQ, MQK, Cerdas Cermat, Futsal, santri Idol, Cerpen dan lainnya. “Kita mengikuti rangkaian dengan penuh antusias. Mulai dari pembacaan Sholawat Nariyah, doa bersama dan upacara. Kita berharap agar mereka para santri ini kelak mengingat sejarah perjuangan para pendahulunya. Perjuangan untuk mempertahankan keutuhan NKRI dan Aswaja,”terangnya.
Pesantren se-Kota Depok menggelar upacara HSN di tempat masing-masing dengan terlebih dahulu melakukan pembacaan sholawat dan doa untuk keselamatan Negeri. Selain itu, juga ketempatan menjadi tuan rumah beragam perlombaan yang diselenggarakan oleh PC NU Depok. Meski tidak mendapatkan dukungan dari Pemerinta Kota Depok, para pimpinan Pesantren dan santri semarak menyelenggarakannya dengan penuh khidmat serta suka cita.