DepokNews- Wali Kota Depok, Mohammad Idris berharap, dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 yang jatuh pada hari ini,  peran pers dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Peran jurnalis sangat dibutuhkan untuk menyebarluaskan informasi secara utuh, berimbang kepada masyarakat,” ucap Mohammad Idris usai menghadiri peringatan HPN 2021 bersama PWI di Kelurahan Cipayung, Selasa (9/2/21).

Dirinya mengatakan, pers juga menjadi sarana edukasi pendewasaan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan. Termasuk  menghindari, menjawab dan merespon berita palsu atau hoax.

“Serta menyerang balik terkait informasi-informasi palsu yang beredar di masyarakat, yang sebagian besar membuat resah dan mengecoh masyarakat,” katanya.

Lanjut Mohammad Idris, pihaknya juga berencana menyelenggarakan pelatihan dan uji kompetensi bagi wartawan. Semua itu dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas insan pers.

“Hal ini bertujuan agar jurnalis di Kota Depok dapat diperhitungkan oleh jurnalis di kota-kota maupun kabupaten lain,” tutupnya.