DepokNews–Pemilik Yayasan Pendidikan Anak Usia Dini Faris Al Fatah Hj Martiah pada Sabtu (22/12) memperingati Hari Ibu dengan menggelar bazaar dengan kaum Hawa.

Pelaksanaan bazaar dilaksanakan di RT 08/12 Kampung Pulo, Kelurahan Beji, Kecamatan Beji.

Hj Martiah kepada wartawan mengatakan
ada sekitar 15 UMKM rata-rata dari daerah Beji menjajakan dagangan dari buatan tangan sendiri. Kebanyakan yang mengolah usaha UMKM ini rata-rata adalah ibu.

“Dalam UMKM ini yang kebanyakan dijalani oleh ibu-ibu perlu kita apresiasi dan dukung untuk dapat lebih berkembang dan dikenal. Untuk itu kegiatan ini dibuat”katanya.

Kegiatan Hari Ibu dalam menggelar bazar murah terwujud juga berkat partisipasi karang taruna dari wilayah setempat.

“Para anak-anak mudanya juga mendukung ibu-ibunya untuk menjual hasil produksi rumahan dapat dipasarkan melalui bazar yang kita lakukan”katanya.

Selain itu makna hari ibu itu sendiri menurut Martiah, adalah sekaligus mengenang apa yang telah diberikan ibu seperti kasih sayang, perhatian, dan memberikan pendidikan yang dibutuhkan.

Hj Martiah menambahkan Hari ibu adalah tonggak sejarah perjuangan perempuan Indonesia mencapai kemerdekaan, menebalkan rasa kebangsaan, hingga perjuangan perempuan untuk mendapat hidup yang layak.

Semuanya berawal ketika tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibuoleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Penetapan itu didasarkan pada tanggal pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia.

Dia bangga kepada kaum perempuan yang menjajakan dagangannya di kegiatan bazaar yang sekaligus memproduksinya”katanya.

“Kami bangga menjadi ibu, karena ibu yang sudah melahirkan saya hingga menjadi seperti ini”katanya.

Sebagai tenaga pendidik apa yang telah dilakukan oleh seorang ibu terhadap anak sudah dapat dikatakan sebagai Pahlawan tanpa jasa

Sementara itu melihat situasi sekarang ini masalah kerawanan kamtibmas seperti tawuran dan narkoba, dalam mengantisipasi hal tersebut perlu ada penanganan bersama terutama para ibu.

“Kami nilai peran ibu begitu penting dalam kehidupan anak-anaknya. Marak pergaulan bebas sekarang ini cenderung mengarah ke hal negatif perlu diwaspadai sejak dini”katanya.

Ketua RT 08 RW 12 Nasri kepada wartawan mengatakan dalam memperingati hari ibu ini warga menggelar kegiatan dengan tema The Best Mother For The Best Child.

“Di hari ibu ini, kami berikan suprise kepada mereka dengan menggelar berbagai macam kegiatan salah satunya mendatangkan Tim Jaguar Polresta Depok”katanya.