DepokNews–Terkait adanya peristiwa pohon tumbang ini terjadi di beberapa wilayah di Kota Depok akibat angin kencang dan cuaca ektrim yang kerap terjadi belakangan ini membuat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok lakukan pemangkasan pohon besar yang dianggab bisa roboh dan membahayakan warga.

Kepala Seksi Tata Lingkungan dan Konservasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan(DLHK) Kota Depok, Rizal Maulana mengatakan itu kepada wartawan pada Kamis (4/4) mengingat cuaca ektrim yang kerap terjadi di Depok.

“Kami telah mengintruksikan kepada seluruh jajarannya untuk memangkas pohon yang berada dipinggir jalan raya untuk mengantisipasi potensi tumbang ketika terjadi cuaca ektrim”katanya.

Ada beberapa wilayah yang menjadi prioritas pemangkasan pohon, seperti di wilayah Kecamatan Sukmajaya dan sekitarnya yang memang wilayah rawan pohon tumbang.

Awalnya, kata Rizal, pihaknya selalu melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap seluruh pohon yang ada serta rutin melakukan pemangkasan, hanya saja pemangkasan tersebut berdasarkan kondisi dari pohon.

“Proses pemangkasan selalu kami lakukan terhadap pohon pohon dengan kondisi tidak sehat, namun, mengingat kondisi seperti saat ini, pemangkasan akan kami lakukan terhadap seluruh pohon yang ada untuk menghindari kejadian pohon tumbang akibat cuaca ekstrim”katanya.

Seluruh pohon akan dipangkas hingga ketinggian delapan meter dan saat ini sedang dilakukan pemangkasan di wilayah sepanjang Jalan merdeka, Kecamatan Sukmajaya.

Kendati demikian, lanjut Rizal, pemangkasan tersebut hanya dilakukan terhadap pohon pohon yang berada dilahan milik pemerintah dan diluar wilayah tersebut tidak dipangkas.

Pemangkasan hanya dilakukan terhadap pohon yang berada di lahan pemerintah saja