Hindari Maag Saat Puasa Dengan Ramuan Tradisional

Posted on 7 views

DepokNews- Penyakit yang sering datang di Bulan Ramadan adalah nyeri lambung atau maag. Bagi yang sudah terkena maag puasanya pasti akan terganggu. Karena puasa akan berhasil, jika lambung kita sehat. Kesehatan lambung sangat ditentukan oleh kadar asam lambung.

Kadar asam lambung meningkat, dipengaruhi banyak faktor salah satunya adalab stres. Pencegahan maag cukup mudah, yakni dengan pengendalian stres dan makan secara teratur. Serta menghindari makanan dan minuman yang memicu naiknya lambunh seperti alkohol, makanan kaya rempah dan obat-obatan tertentu.

Adapun beberapa makanan yang dapat mencegah terjadinya maag saat puasa, diantaranya :

Pisang dan madu, makan palinh sedikit tiga buah pisang dalam sehari, saat buka atau sahur. Selain itu, bagi yang sudah kena maag dapat mengkonsumsi madu dua sendok makan, saat buka dan sahur. Madu punya kekuatan penyembuhan luka lambung karena mengandung enzim glukose aoksidase, yang dapat menghasilkan hidrogen peroksida sebagai pembunuh bakteri penyebab luka di lambung.

Jahe dan daun salam, selama puasa minumlah seduhan rimpang segar jahe satu cangkir sehari. Daun salam juga berkhasiat menjaga kesehatan saluran cerna, termasuk mencegah luka pada lambung. Seduh dua lembar daun salam kedalam secangkir air selama 10 menit, setelah itu bisa langsung diminum.(mia)