ilustrasi (istimewa)

Hijab Tetap Stylish, Begini Cara Pilih Bahan Dan Membersihkannya.

Posted on 135 views

DepokNews — Berhijab memang kewajiban, bukan tren yang dipakai buat gaya-gayaan. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kamu meningkatkan semangat berhijab dengan ‘mencontek’ style hijab yang lebih modis namun tetap menjaga kesantunan. Lyra misalnya, hijabers cantik ini selalu menampilkan gaya hijab yang stylish tapi sama sekali tidak menghilangkan kesan anggun, elegan dan sopan.

Selain stylish dirinya juga sekektif, lho, dalam memilih bagan material hijabnya. Dia juga tak sungkan memberikan informasi mengenai bahan material hijab dasar yang sesuai dengan gaya hidup.

1. Chiffon

Kain manis nan feminin yang terbuat dari poliester berat medium ini memang cantik. Kesan airy yang flowingnya juga cocok untuk pemakaian sehari-hari, cocok buat kamu yang sering beraktivitas di cuaca terik. Drapery nya yang elegan juga cocok untuk acara formal.

“Jangan lupa pakai dalaman hijab supaya bahannya stay put ya, kainnya agak licin jadi sematkan jarum pentul di antara dalaman dan kainnya,” ujarnya.

Cara membersihkan bahan chiffon ini harus berhati-hati. Caranya cuci dengan air hangat berbarengan dengan bahan yang sama, maksudnya jangan dicampur sama bahan lain selain dari yang ringan-ringan. Keringnkan dengan kecepatan rendah.

“Kalau ada noda, jangan dikucek ya. Hilangkan dengan stain remover khusus. Praktisnya lagi, kain jenis ini nggak perlu disetrika, jadi cocok dipakai untuk travelling yang efisien,” tambahnya.

2. Jersey

Butuh hijab saat lagi berkeringat banyak seperti sesi olahraga atau casual running errands yang lebih sibuk dari biasanya? Jersey jawabannya.

Bahannya menyerap keringat dan sangat adem. Hijab model ini nggak perlu jarum pentul whatsoever.

“Cara membersihkannya cukup dicuci seperti biasa, sama seperti bahan sifon yang tadi. Bahannya akan mengerut karena sifatnya yang stretch, tetapi begitu disetrika akan kembali seperti baru,” imbuhnya.

3. Viscose

Material rayon medium weave membuat kain ini begitu lembut saat disentuh. Bahan ini versatile banget deh buat kemana-mana.

“Untuk bahan viscose ini harus segera lipat kain ini begitu dicuci agar bentuknya tidak berubah. Pakai dalaman hijab memang disarankan supaya hijabnya stay put, tapi nggak wajib kok. Cara pencucian normal, tetapi kalau disetrika cukup dengan suhu rendah ya,” kata perempuan kelahiran tahun 93 itu.

4. Modal

Modal merupakan salah satu hijab berbahan rayon dengan berat berlebih dibanding viscose. Tujuannya supaya kekuatan kain lebih tahan lama dan anti kerut. Cocok kalau kamu sedang berada di tempat dingin. Cuci dan setrika dengan cara biasa saja sudah cukup untuk bahan hijab versatile ini.

“Intinya, memakai bahan apapun, harus disesuaikan dengan gaya kalian. Tentunya harus  diingat, mengenakan hijab itu harus nyaman untuk diri sendiri. Dan untuk membersihkannya, kalian cukup merawat kainnya dengan baik jadi bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama karena keindahannya yang masih terjaga,” tandasnya.