HERO GREEN ACTION: HERO Group Ajak Masyarakat Peduli Sungai Ciliwung

DepokNews —  Sungai Ciliwung merupakan salah satu sungai yang memegang peranan penting bagi kehidupan masyarakat khususnya di pulau Jawa. Dengan panjang aliran sepanjang 120 kilometer dari Gunung Gede, Sungai Ciliwung melintasi wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Jakarta. Ciliwung juga telah menjadi saksi perkembangan kota-kota tersebut. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan masyarakat, banyak kebiasaan dan perilaku masyarakat yang justru merusak ekosistem Ciliwung karena pemanfaatan secara terus menerus tanpa diimbangi dengan pemugaran dan pemberdayaan lingkungan yang baik. Selain itu, kita ketahui bersama bahwa sungai juga merupakan salah satu sumber penyumbang sampah plastik yang bermuara di laut.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Stephane Deutsch (Kedua dari Kiri) didampingi Direktur Supply Chain Heru Pribadi (ke-2 dari kanan), Senior General Manager CSR & Corporate Communication Natalia Lusnita (kanan), dan Ketua Umum Serikat Pekerja HERO Group Jakwan (ke-3 dari kanan) secara simbolis melakukan pemberian unit perahu karet kepada Ketua Komunitas Ciliwung Depok Taufik D Soleh (kiri) pada acara Launching Program Ciliwung HERO di Dermaga Kota Kembang, Grand Depok City, Depok.

Melihat fakta tersebut, PT Hero Supermarket Tbk berkomitmen untuk turut menyelamatkan Ciliwung melalui program pemberdayaan ekosistem dan masyarakat sekitar, serta pemberian edukasi dan pelestarian lingkungan, yang secara resmi diperkenalkan pada hari ini Rabu, 12 April 2017 dengan nama program “Ciliwung Hero” di Dermaga Kota Kembang, Grand Depok City, Depok.

Dalam pelaksanaanya HERO Group menggandeng Komunitas Ciliwung Depok yang merupakan kumpulan relawan pegiat dan pecinta sungai yang berdiri dengan semangat untuk menjaga dan merawat Sungai Ciliwung bagian Tengah yang mengaliri Kota Depok. Pada acara hari ini Stephane Deutsch, Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk beserta beberapa perwakilan Direksi PT Hero Supermarket Tbk dan komunitas Ciliwung Depok menyusuri sungai Ciliwung untuk membersihkan sampah-sampah di aliran sungai Ciliwung Depok.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Stephane Deutsch bersama karyawan HERO Group secara simbolis melakukan aksi sebar 5000 bibit ikan khas Ciliwung

Tidak hanya itu saja, HERO Group juga melakukan penyebaran 5000 ikan diantaranya jenis Ikan Mata Merah, Ikan Nilem, Ikan Paray dan Ikan Soro yang merupakan ikan asli Ciliwung dan termasuk jenis langka. Penyebaran ikan ini bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan ekosistem Sungai Ciliwung.

“Program Ciliwung Hero merupakan bagian dari HERO Green Action yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar dan pelestarian lingkungan Sungai Ciliwung yang dikemas dalam serangkaian aktivitas menarik, diantaranya adalah: RT Ramah Air, Kelas Alam, Pelatihan Ciliwung, serta beberapa kegiatan lainnya” ujar Stephane Deutsch.

Sebagai tahap awal implementasi program Ciliwung Hero, PT Hero Supermarket Tbk telah berpartisipasi dalam Aksi Pembersihan Sampah (Bebenah Jeram Kebo Gerang) yang diadakan pada 26 Februari 2017 yang lalu dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, dan juga mendukung terlaksananya Festival Mural Ciliwung yang akan diadakan oleh Komunitas Ciliwung Depok.

”Semoga seluruh rangkaian kegiatan Ciliwung Hero dapat meningkatkan kesadaran kita bersama akan pentingnya menjaga kelestarian dan berperilaku penuh tanggung jawab terhadap ekosistem air, karena air merupakan salah satu kebutuhan hidup kita sehari-hari. Kami juga berharap hal baik ini tidak hanya dirasakan dan diikuti oleh warga sekitar Kota Depok saja, tetapi juga masyarakat yang berada di sekitar aliran Sungai Ciliwung lainnya”, sambung Stephane Deutsch. (muj)