Hendra Soghir Sulap Sampah Jadi Sahabat dan Pembuka Lapangan Kerja

Posted on 39 views


DepokNews– Hendra Soghir, warga Kota Depok yang tinggal di Perumahan Orchid Kecamtan Beji mendulang rupiah dan bisa membuka lapangan pekerjaan dari sampah


Melaui bank sampah Depok Hijau Beji yang ia kelola bersama berapa komunitas lingkungan hidup, Hendra Sogir secara nyata bisa berkontribusi untuk mewujudkan Depok kota yang bersih sekaligus mendulang untung dari sampah.


Menurut Hendra Soghir, ide untuk mendirikan bank sampah karena merasa prihatin atas banyaknya sampah di Depok dan keinginannya untuk ikut berkontribusi demi terwujudnya Depok yang unggul, nyaman dan relegius. Depok akan nyaman jika kotanya bersih


“Awalnya saya dengan komunitas lingkungan hidup sangat prihatin dengan sampah yang sangat banyak dikota depok dan melihat ke TPA (tempat pembuangan akhir sampah) pun sudah sangat tinggi” ujar, Hendra Soghir Rabu (26/7)



Keinginannya untuk mendirikan bank sampah dirumahnya ini soghir tak semudah membalikkan telapak tangan. Pada awalnya, ia harus meyakinkan masyarakat sekitar rumah bahwa bank sampah yang ia buat sangat ramah dan tidak berbau.


Akhirnya warga sekitar pun mengizinkan dan mendukung. Setelah itu ia mendapat surat izin dari pemerintah dari situ akhirnya bisa mendirikan bank sampah yang terletak di Perumahan Orchid Beji. Kepiawian Hendra Sogir dalam megelola bank sampah, bukan hanya mendatangkan uang namun membuka lapangan kerja yang tidak sedikit, tercatat 14 tenaga kerja ikut terlibat belum para warga yang secara rutin menyetorkan sampahnya.


“Kita ciptakan lapangan pekerjaan. Yang perharinya saya bayar 50ribu dan makan gratis setiap harinya. Saat ini saya punya 14 karyawa sebagian ada yang ngambil, sebagian ada sebagian kirim pabrik sebagian untuk pemilahan” ujar,” Hendra Sogir. 


Kini ia berasa bersykur usahnya membuahkan hasil, bahkan yang lebih membanggakan bank sampah yang ia kelola dinilai oleh Tim Penilai Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 


“Senangny luar biasa ya bisa membuka lahan pekerjaan, ya semoga bisa terus bertambah karyawannya. Harapan saya Kota Depok juga berhasil meraih Adipura, penghargaan bergengsi tingkat nasional terkait kebersihan dan penghijauan,” pungkas Hendra Soghir. (Desy)