Ketua Bidang Kehormatan DPC PDI Perjuangan Depok, Hermanto (Istimewa)
DepokNews- Perhelatan pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar sudah semakin terasa. Pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahunan ini mulai menggeliat. Tampak spanduk, baliho berjejer di tengah-tengah pusat perkotaan.
Ketua Bidang Kehormatan DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Hermanto mengatakan, menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat. Ia berharap semua penyelenggara pemilu, baik KPUD, Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) bertindak secara fair play.
“Kami minta KPUD, Panwas mulai dari tingkat kota hingga tingkat kelurahan bisa menjadi wasit yang baik dan tidak memihak,” ujar Hermanto, Senin (22/1/2018).
Jangan sampai ada pihak-pihak yang dirugikan terutama masyarakat yang sudah memiliki hak suara di TPS. Apalagi sampai bertindak anarkis dan menyalahi aturan.
“Panwas harus tegas bertindak bila ada pelanggaran. Kalau gak tegas, yang dikhawatirkan masyarakat bisa saja melakukan hukum jalanan,” tegasnya.
Ia menambahkan, agar para pendukung atau tim sukses (timses) dari semua kandidat, tidak mengkampanyekan isu-isu yang sifatnya memfitnah (black campaign) apalagi isu sara. Semua harus menyosialisasikan cagub-cawagubnya dengan cara elegan.
“Jadi demokrasi kita akan terbangun dengan baik. Karena semua dilakukan dengan hati jernih dan tidak kotor. Harus gentelman lah,” tutup Anggota DPRD yang juga Ketua Komisi B.(mia)