Hebat, Lulusan SMAN 5 Depok Banyak Diterima PTN Favorit

Posted on

Depoknews — Kualitas pendidikan di SMAN 5 Depok terus meningkat. Tak heran, lulusan yang dihasilkan memiliki daya saing dengan sekolah lain hingga bisa diterima banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia, seperti yang dilansir depok.go.id

Kepala SMAN 5 Depok, Achmad Zarkasih mengatakan, banyak siswanya diterima PTN favorit seperti, UI, IPB, ITB, UNDIP Semarang, ataupun UNSOED Purwokerto. Selain karena kualitas pendidikan yang ditawarkan, ada prestise dan kebanggaan tersendiri jika berhasil masuk ke PTN favorit tersebut. Namun, dengan sistem yang cukup ketat untuk masuk dan kuliah di PTN favorit, persiapan yang harus dijalani oleh siswa/siswi SMA harus benar-benar matang dan terencana.

“Di SMAN 5 Depok pengembangan siswa agar siap masuk PTN sudah dimulai sejak masuk kelas XII. Dari penambahan jam belajar tenaga konselor melalui guru Bimbingan Konseling untuk para siswa,” ujar Zarkasih, saat dijumpai di kantornya, Senin (23/01/2017).

Zarkasih mengungkapkan dengan memperhitungkan pencapaian para siswa selama di sekolah, dapat menciptakan suatu sistem yang dapat membantu mereka dalam menentukan jurusan dan PTN yang dapat mereka masuki.

“Berdasarkan nilai rapor dan performa mereka di sekolah, juga dengan didukung oleh minat dan bimbingan dari konselor, kami bisa turut memberikan bantuan kepada para siswa kelas XII dalam menentukan bidang studi yang mereka pilih,” terang Zarkasih.

Dirinya juga menjelaskan, tujuan lain konselor selain untuk konsultasi dan mengembangkan potensi dan minat para siswa, bimbingan dengan konseling digunakan juga oleh siswa sebagai wadah untuk memotivasi mereka agar menjadi lebih baik.

“Kami melihat perkembangan minat dan kemampuan setiap siswa berbeda-beda, oleh karenanya mereka sangat membutuhkan dukungan dalam menentukan pilihan bidang studi dan PTN mana yang cocok dengan mereka,” tukasnya.