Hati-Hati! Pesan WhatsApp Mudah Diretas

Posted on

Depoknews.id, Depok– Salah satu aplikasi pesan instant Whatsapp ternyata mudah disadap. Pesan di Whatsapp sangat mudah diretas dan disadap, seperti yang diungkapkan oleh ahli kriptografi Amerika Serikat.

Dalam laporan yang dijelaskan, pesan-pesan Whatsapp bisa diam-diam dibaca oleh pihak ketiga, dengan memanfaatkan celah keamanan yang mudah diretas. Meskipun WhatsApp sudah mengatakan bahwa layanan miliknya sudah diamankan dengan enkripsi end-to-end.

Sistem WhatsApp menurut para peneliti, mengandalkan kunci keamanan yang unik. Dimana yang diverifikasi dan dikirim antara pengguna, sehingga komunikasi mereka aman dan tak bisa disadap oleh orang lain.

Tetapi WhatsApp bisa memaksa munculnya kunci-kunci enkripsi baru, sehingga bisa dipakai oleh pengguna lain saat offline tanpa diketahui oleh pengirim dan penerima pesan.

“Jika WhatsApp diminta oleh suatu negara untuk membuka catatan berisi pesan-pesan penggunanya, akses bisa diserahkan secara efektif karena adanya perubahan pada kunci-kunci tadi,” jelas Tobias Boelter pakar kriptografi dari Universitas California yang mengungkapkan celah keamanan tersebut.

Pemilik aplikasi WhatsApp, Facebook mengatakan bahwa WhatsApp telah menyediakan layanan yang ringkas, cepat, handal, dan aman. “Kami tahu bahwa hal ini terjadi ketika ada yang berganti ponsel atau menginstal ulang WhatsApp. Dalam situasi ini, kami ingin agar pesan-pesan yang dikirimkan sampai ke tempat tujuan, tidak hilang,” kilah Facebook seperti dikutip dari The Guardian.