DepokNews- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak yang diselenggarakan oleh Forum Anak Kota Depok berhasil merumuskan perencanaan pembangunan untuk tahun 2022 mendatang. Yaitu dengan memperbanyak pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Usulan di Musrenbang Anak hampir dari kelima klaster hak anak itu terisi. Namun secara keseluruhan, penekanannya berkaitan dengan kegiatan yang sifatnya non-fisik atau peningkatan SDM,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak (TKPKLA), DPAPMK Kota Depok, Yulia Oktavia.

Ia juga mengatakan ada beberapa usulan terkait peningkatan fasilitas, seperti penyediaan sarana pusat kreativitas anak-anak. Akan tetapi, lebih banyak permintaan mengenai pelatihan. Selian itu, ada juga yang berkaitan dengan pendidikan atau advokasi untuk anak-anak yang putus sekolah.

“Semua permintaan tersebut merupakan aspirasi yang diusulkan secara berjenjang. Mulai dari ketika penyelenggaraan Forum Group Discussion (FGD) sampai Musrenbang Anak,” paparnya.

Yulia menambahkan, terakhir Forum Anak Kota Depok juga meminta ditingkatkan kolaborasi bersama Karang Taruna dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R).

Diketahui, Musrenbang diselenggarakan di aula serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II, Balaikota Depok, Jawa Barat, pada Senin (30/11/2020) lalu.