DepokNews- Anggota DPRD Depok Qurtiva Wijaya mengatakan, momentum Hari Santri Nasional adalah penegasan peran dan kontribusi dalam berbagai kegiatan yang sejalan dengan program Depok sebagai Kota Religius.

Menurutnya, peran dan kontribusi santri harus mendapatkan apresiasi dan perhatian lebih karena sudah membantu program pembangunan di wilayah.

“Santri juga memiliki peranan dalam pembangunan suatu wilayah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Qurtiva mengatakan, keberadaan dan eksistensi santri saat ini menjadi salah satu aset sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia. Melalui pengetahuan dan keahlian, lebih meningkatkan kualitas serta peran santri diberbagai bidang baik pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya.

Qurtifa menambahkan, eksistensi santri akan semakin diperkuat dengan telah disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren dalam Paripurna DPR RI pada September kemarin. Melalui RUU tersebut, akan memperkuat institusi pesantren sebagai lembaga pendidikan dan pembinaan para santri di Indonesia.

“RUU Pesantren menjadi kado istimewa bagi para santri, semoga ke depannya santri dapat semakin berperan dan membantu pembangunan di Indonesia,” tutupnya.(mia)