DepokNews–Siswa, guru dan Komite Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Darul Abidin pada Selasa(18/2) melakukan aksi bersih sampah di kawasan Situ Pladen, Kecamatan Beji.

Kepala Bidang Kesiswaan SMPIT Darul Abidin Ria Agustina kepada wartawan mengatakan kegiatan aksi bersih di kawasan Situ Pladen merupakan dalam rangka memperingati hari Peduli Sampah yang setiap tanggal 21 Februari.

Hari Peduli Sampah Nasional dapat dirayakan dengan cara melakukan aksi nyata bersama seperti melakukan kegiatan bersih bersih di Situ Pladen tidak membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya.

Dia mengatakan 21 Februari merupakan hari Peduli Sampah dan perlu disosialisasikan kepada siswa serta masyarakat umumnnya untuk dilakukan upaya penanganan sejak dini dalam masalah sampah.

“Didalam rangkaian peringatan sampah ini kami ajak para siswa ke kawasan Situ Pladen untuk melakukan aksi bersih memungut sampah,”katanya.

Kegiatan tersebut sekaligus sosialisasi hari peduli sampah kepada siswa dan masyarakat umumnya, karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa tanggal 21 merupakan hari peduli sampah nasional.

Ria menambahkan para siswa yang diturunkan merupakan tim adiwiyata sekolah yang sebelummya telah berhasil membawa SMPIT Darul Abidin meraih Adiwiyata Tingkat Nasional.

Tidak hanya menurunkan tim Adiwiyata, ada siswa dari tim Kader Kesehatan Remaja dan Rohis yang bahu membahu melakukan aksi bersih di Situ Pladen

Ria menambahkan pihak sekolah memilih aksi bersih di Situ Pladen karena kondisinya yang dekat dengan SMPIT Darul Abidin dan Situ Pladen merupakan salah satu Situ yang berada di Kecamatan Beji.

“Kami sengaja memilih Situ Pladen karena merupakan salah satu Situ yang dilestarikan, dan perlu dikenalkan kepada siswa dan masyarakat,”katanya.

Dimana Situ Pladen ternyata memiliki lokasi yang bisa dijadikan destinasi atau tujuan warga untuk melakukan aktivitasnya.

Di kegiatan ini siswa SMPIT Darul Abidin juga memberikan paket sembako kepada petugas kebersihan dan melakukan penananam pohon produktif jenis buah-buahan, donasi tempat sampah serta edukasi tentang lingkungan hidup.

“Kami harapkan dari kegiatan ini bisa dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat di sekitar,”katanya.

Diharapkan akan meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap sampah, paling tidak pribadi yang terlibat dalam HPSN kali ini mampu menjadi pioner didalam keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Rencananya kedepan pihak SMPIT Darul Abidin akan melakukan tebar benih ikan di Situ Pladen.

Di lokasi sama Ketua Pokja Situ Pladen Didi mengapreasiasi kegiatan yang dilakukan siswa, guru dan orang tua dari SMPIT Darul Abidin yang sudah melakukan kegiatan aksi bersih Situ Pladen.

Dia mengatakan permasalahan sampah, Situ Pladen bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, pengurus atau lainnya akan tetapi perlu adanya kebersamaan dalam merawat ekosistem Situ Pladen.