Hari Pahlawan, Prajurit TNI-Polri Berprestasi Dapat Penghargaan

Posted on 147 views

DepokNews — Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kota Depok berlangsung khidmat dan tertib, di Lapangan Upacara Balaikota Depok, Jum’at (10/11/2017). Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 0508/Depok Letnan Kolonel Infantri R. Moch Iskandarmanto. Upacara diikuti oleh TNI, Polri, ASN Pemkot Depok, pelajar, pramuka, serta di hadiri Walikota dan Wakil Walikota Depok, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Depok, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Kepala Perangkat Daerah, veteran dan tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya serta dilanjutkan dengan hening cipta yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Inspektur Upacara selama 60 detik untuk mengenang para pahlawan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah pancasila dan pembukaan UUD 1945 serta pembacaan pesan-pesan pahlawan.

Usai pembacaan pesan-pesan pahlawan, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada prajurit TNI-Polri serta santunan kepada pejuang kemerdekaan. Adapun penghargaan tersebut diberikan kepada Brigadir Polresta Depok atas nama Aipda Dwi Susanto, jabatan Banit 1 Unit Reskrim Polsek Cimanggis Polresta Depok. “Aipda Dwi Susanto adalah salah seorang jajaran Polresta Depok berprestasi, dalam mencegah dan melumpuhkan pelaku percobaan pencurian kendaraan bermotor roda dua dengan menggunakan senjata api rakitan, dimana Aipda Dwi Susanto terkena luka tembakan pada bagian lengan kiri atas,” terang Wakil Walikota Pradi Supriatna ditemui usai upacara. Adapun kejadian tersebut berlangsung pada hari Senin, tanggal 30 Oktober 2017 pukul 13.00 wib, bertempat di Jalan Swadaya 1, RT 03/RW 06, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis.

Selain itu juga diberikan penghargaan kepada kepada Babinsa berprestasi Koramil 04/Bojonggede Kodim 0508/Depok, Serma Budiman. Sehari-hari dirinya menjadi Babinsa pendamping pertanian di Desa Citayam, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor yakni pada Kelompok Tani Sari Mekar. “Serma Budiman diberikan penghargaan atas inovasinya dalam memanfaatkan bahan-bahan disekitar lahan pertanian untuk dibuat menjadi pupuk yang pada akhirnya dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman maupun menggemburkam kembali tanah persawahan maupun ladang palawija. Hal ini semoga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berinovsi sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ungkap Walikota Depok, Mohammad Idris.

Adapun pupuk hasil modifikasi Serma Budiman berupa pupuk organik cair dengan bahan keong mas, buah maja dengan cara dihancurkan kemudian dicampur air cucian beras, air kelapa dan air gula merah di fermentasi selama 15 hari menggunakan wadah tertutup rapat; dan pupuk bokasi padat dengan bahan jerami padi, sekam padi, dedak halus, cacahan batang pohon pisang, limbah gergaji kayu, daun-daun kering, pupuk organik cair atau EM4, di fermentasi selama 21 hari.. Mereka berdua mendapat Piagam Penghargaan Walikota Depok serta masing-masing uang senilai lima juta rupiah sebagai wujud apresiasi kepada prajurit TNI-Polri berprestasi.