DepokNews — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok serta Komunitas Ciliwung melepaskan tiga ekor berang-berang.

Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Ammy Nurwati mengatakan Pelepasan tiga ekor hewan tersebut bertepatan dengan peringatan hari lingkungan hidup dunia. Hewan ini dilepaskan ke habitat aslinya di Sungai Ciliwung.

“Sungai Ciliwung dipilih sebagai lokasi pelepas liaran, karena sungai ini merupakan habitat yang cocok untuk berang-berang yang memang menyukai kawasan basah. Sebelumnya sudah kami survei dan lokasi ini sangat cocok,” ujarnya belum lama ini

Sungai Ciliwung yang melintasi Kota Depok kata dia masih memberikan daya dukung yang cukup memadai bagi keberlangsungan hidup berang-berang. Ketersediaan pakan berupa ikan juga masih berlimpah.

“Ketiga berang-berang ini jantan dan menjalani proses rehabilitasi satu tahun terakhir hingga akhirnya siap untuk dilepaskan. Berang-berang ini merupakan hasil penyerahan masyarakat secara sukarela ke Balai KSDA DKI Jakarta,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati mendukung langkah Kementerian KLHK yang memilih Kota Depok sebagai lokasi pelepasan berang-berang. Hal ini membuktikan bahwa Sungai Ciliwung di Kota Depok masih terjaga keasriannya.

“Kementerian telah melakukan survei dan hasilnya adalah masih banyak berang-berang lokal yang hidup di sekitar Ciliwung. Alhamdulillah kondisi Ciliwung masih baik dan ke depan kami upayakan agar tetap baik,” tutupnya.