DepokNews- Bagi Calon Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, mendoakan keselamatan dan kebahagiaan seorang ibu, adalah berkah yang sejati.

“Bahagiakan ibumu, dan hormatilah ibu, sayangi ibu sebagaimana dia menyayangimu sewaktu kita masih kecil,” kata IBH sapaannya, Selasa (22/12).

Dimomen Hari Ibu yang jatuh hari ini, 22 Desember 2020, dirinya kembali Ibu Sadati yang kerap dipanggilnya dengan sebutan Emak. Emak sendiri wafat pada tahun 2012, dan meninggalkan banyak kenangan bagi IBH.

Ketika ditanyakan sosok emak di mata Imam Budi Hartono, sekejap, jebolan Universitas Indonesia ini langsung menerawang mengingat kisahnya dengan Emak Sadati, nama sang Ibunda.

Mengajarkan sikap kemandirian dirumah, adalah hal yang selalu diingat dirinya. Kebiasaan tersebut pun kerap dilakukannya, meski sudah membina rumah tangga.

“Beliau mengajarkan segalanya ketika dirumah, dari mulai belajar ibadah sholat, puasa bahkan kalau zakat saya disuruh untuk membawanya sendiri ke rumah para mustahiq,” ceritanya.

Emak pulalah yang mengajarkan Mantan Ketua DPD Partai Keadilan (PK) Depok ini membaca, menulis dan berhitung. Bahkan hebatnya beliau sampai dirinya sudah bisa matematika perkalian sebelum masuk sekolah kelas satusatu sekolah dasar.

Sikap disiplin juga kerap diajarkan emak. Misalnya menggunakan odol harus pencetnya harus dari belakang.

Emak mengajarkan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dari mulai mencuci sepatu sendiri, menyetrika pakaian, sampai pembagian tugas untuk membersihkan rumah seperti menyapu atau mengepel.

Bahkan emak juga mengajarkannya memasak dari mulai cara memotong mangga sampai memasak sayur dan menggoreng.

“Yang pasti berdoa untuk ketenangan emak di alam kubur, semoga Allah memberikan keluasan kuburnya, diberi cahaya yang terang, dan mendapatkan teman dari segala amal baiknya. Serta Allah masukan ke dalam syurga,” tutur IBH.

Bahkan, dirinya memberi hadiah untuk emak, 22 lagu salah satunya berjudul “Ibuku Pahlawanku”. IBH juga berharap untuk para ibu dapat mendidik anak, baik dari ilmu agama maupun ilmu kehidupan. Ketahanan keluarga sangat dibutuhkan untuk melahirkan generasi Unggul.

“Di momen hari ibu ini saya mengucapkan selamat hari ibu untuk para ibu di Kota Depok. Semangat melahirkan, mengASIhi, dan mendidik anak, untuk menciptakan generasi mendatang. Dan untuk emak saya, saya rindu,” tutur Imam Budi Hartono.

Imam Budi Hartono anak ke 5 dari 7 bersaudara. (mia)