DepokNews- Pemkot Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok menggelar webinar Peringatan Hari AIDS Sedunia secara virtual. Kegiatan tersebut diikuti Wakil Ketua I Komisi Penanggulangan AIDS Kota Depok Sri Utomo, Kepala Dinkes Kota Depok Novarita, perwakilan dari UNAIDS Indonesia, dan beberapa perwakilan petugas kesehatan di Kota Depok.

Wakil Ketua I Komisi Penanggulangan AIDS Kota Depok, Sri Utomo mengatakan, peringatan Hari AIDS tahun 2020 dilaksanakan secara berbeda di masa pandemi Covid-19. Tahun ini, peringatan tetap dilaksanakan tetapi secara virtual demi memperkuat kolaborasi menuju 10 tahun akhir AIDS 2030.

“Setiap tahun kami turut serta memperingati Hari AIDS. Untuk tahun ini secara virtual demi mewujudkan tema Hari AIDS dalam memperkuat kolaborasi, tingkatkan solidaritas 10 tahun menuju akhir AIDS 2030,” tuturnya saat memberikan arahan pada kegiatan webinar, Selasa (1/12/).

Dikatakannya, dalam memperkuat komitmen atas pencegahan HIV/AIDS dan penyakit infeksi menular harus dilakukan secara bersama. Dalam hal ini, baik di jajaran lintas sektor dan masyarakat harus saling bersinergi dalam mencegah HIV/AIDS.

“Melalui peringatan ini kami ingatkan kepada seluruh masyarakat dan unsur terkait agar bersama melakukan berbagai upaya pengendalian HIV/AIDS,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, Pemkot terus berupaya melakukan pencegahan HIV/AIDS di Kota Depok. Selain itu juga sudah memberikan beberapa fasilitas pelayanan kesehatan dalam menanggulangi penyebaran HIV/AIDS.

“Melalui Puskesmas setempat sudah tersedia beberapa pelayanan. Antara lain layanan tes infeksi menular seksual (IMS), layanan Pusat Terapi Rumatan Methadon (PTRM), dan layanan tes Pencegahan Penularan Ibu dan Anak (PPIA),” tandasnya.(Mia)