Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono

DepokNews- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono memastikan tahun ini Kota Depok akan memiliki RSUD baru yang akan dibangun di wilayah timur Kota Depok.

Detail Engineering Design (DED) atau desain perencanaan bangunan pun sudah selesai dilakukan pada 2019 lalu.

“Tahun ini direncanakan pembangunan fisiknya dengan dana Rp 105 miliar, mudah-mudahan Desember sudah selesai,” ujar Hardiono, belum lama ini.

Dana tersebut dikatakan Hardiono murni berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok.

Hardiono mengatakan, keberadaan RSUD ini diharapkan dapat memermudah akses warga yang bertempat tinggal di wilayah timur Kota Depok.

“Jadi, enggak perlu jauh-jauh lagi harus berobat ke RSUD yang di Sawangan,” ujar Hardiono.

RSUD di wilayah timur memiliki luas lahan 9.811 meter persegi yang akan dibangun di Jalan Raya Tapos, RT 05/04, Kelurahan Cimpaeun, Tapos, Depok.

Nantinya, RSUD tersebut masuk dalam kategori rumah sakit Tipe C. Sedangkan untuk RSUD Kota Depok yang di Sawangan akan naik tingkat menjadi Tipe B.

“Jadi, nantinya RSUD Kota Depok (Sawangan) akan menjadi tempat rujukan dari RSUD yang tipe C kalau memang kondisi pasiennya harus dirujuk,” paparnya.

Perbedaan kategori ini dipengaruh dari jumlah dokter spesialis serta instalasi-instalasi yang dimiliki oleh RSUD tersebut.

Pada 2021, kata Hardiono, RSUD Kota Depok akan melakukan peningkatan pelayanan berupa lima penambahan instalasi.

Lima instalasi tersebut yakni instalasi medical check up, instalasi geriatri yang diperuntukan bagi pasien lanjut usia, instalasi tumbuh kembang anak.

Kemudian instalasi Hemodialisa atau cuci darah, serta unit diklat tersertifikasi perkembangan pengurusan sumber daya manusia (PPSDM) di lingkungan kesehatan.

“Nantinya unit diklat ini menjadi peningkatan bagi kompetensi dari SDM yang ada di rumah sakit,” tutup Hardiono.(mia)