DepokNews–Hardiono, selaku Sekretaris Daerah Kota Depok menghadiri undangan dari
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Penyederhanaan Birokrasi Kementerian/Lembaga, di Jakarta, Kamis (16/01).

Rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka memberikan arahan teknis kepada para sekretaris kementerian/lembaga dalam implementasi penyederhanaan eselon di instansi masing-masing. Penyederhanaan tersebut di level eselon, 5, 4 dan 3 yang di rubah menjadi pejabat fungsional.

Saat membuka acara, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji menyampaikan tantangan dalam penyederhanaan birokrasi ini adalah bagaimana transformasi berjalan sesuai dengan yang diinginkan Presiden, dimana kita harus menghargai keahlian dan kompetensi.

Menjadi narasumber dalam rapat ini adalah Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Supranawa Yusuf, Deputi bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja, dan Ketua Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional Eko Prasojo serta dihadiri oleh para sekretaris kementerian/lembaga atau yang mewakili, serta Sekretaris Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia.

Menurut Hardiono berdasarkan hasil rapat tersebut ada penyederhanaan birokrasi semula dari 5 level sekarang menjadi 2 level yaitu tinggal eselon 1 dan 2.
“Dengan penyederhanaan ini semakin efektif, mengurangi anggaran, serta menghargai keahlian dan kompetensi,” kata Hardiono.