Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono saat mebuka acara

DepokNews–Dalam rangka penguatan Program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga) dan Kampung KB tahun 2019, DPAPMK kota Depok menggelar pelatihan Kader Kampung KB. Kegiatan ini berlangsung di Kelurahan Mekarsari Kecamatan Cimanggis, Rabu (21/8/2019). Kegiatan ini diikuti ratusan peserta serta dihadiri Camat Cimanggis Eman Hidayat, Lurah Mekarsari Iqbal Faroid, para lurah di Kecamatan Cimanggis lainnya, kader posyandu, ibu ibu PKK, para Ketua RW serta tamu undangan lainnya.

pelatihan Kader Kampung KB ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono. Dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi kegiatan ini, Hardiono memberikan arahan agar program KB di Kota Depok berlangsung sukses.

“Program KB harus ditingkatkan, mengingat jumlah penduduk terus meningkat, saat ini kota depok jumlah penduduk 2,3 juta. Di Kecamatan Cimanggis rata-rata per kilo meter terdapat penduduk lebih kuran 1.300 jiwa, ini sudah cukup padat. Perlu dilakukan peningkatan kwalitas para kader khususnya yang berada di kampung KB RW.6 Kelurahan Mekarsari Cimanggis, sehingga cakupan peserta KB dapat meningkat,” jelas Hardiono.

Sedangkan Lurah Mekarsari Iqbal Faroid yang menjadi tuan rumah pada acara tersebut mengatakan, kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat adalah sebuah program dari BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya.

“Salah satu tujuan KB adalah dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas. Ini sesuai dengan program unggulan Kota Depok yaitu ketahanan keluarga,” kata Iqbal Faroid.

Menurut Iqbal Faroid,jumlah pasangan usia subur di kampung KB rw 6 Kelurahan Mekarsari per Juli 2019 : 844 pasangan, sedangkan jumlah
peserta KB aktif ada 592 pasangan atau 70,14 persen.

Hadir sebagai nara sumber pada kegiatan ini petugas dari Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, petugas dari Puskesmas, serta Ketua TP PKK Kota Depok Bunda Ely Farida.