Anggota dan Pengurus Forkabi Kecamatan Beji saat foto bersama

Halal bi Halal Forkabi Beji Lestarikan Budaya Betawi

Posted on 1,107 views

DepokNews–Pengurus Dewan Pengurus Cabang Forum Komunikasi Anak Betawi Kecamatan Beji bertekad bersinergi dengan Pemkot Depok serta bersama elemen masyarakat pada umumnya.

Demikian dikatakan ketua DPC Forkabi Kecamatan Beji Yanto Kucing pada saat kegiatan halal bi halal Forkabi Kecamatan Beji pada Minggu (22/7) di kawasan Jalan Margonda.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dewan Pembina Forkabi Drmayadi, Ketua Forkabi Kota Depok Ajajih Aziz, Sekretaris Mardi, Ketua KNPI Kota Depok Friansyah, dan masyarakat lainnya.

Yanto Kucing menambahkan, sebagai salah satu ormas bertekad untuk terus menjalin kerjasama dengan Pemkot Depok dan elemen masyarakat.

Dan Forkabi akan terus melestarikan kebudayaan yang dimilikinya.

Sebab, mereka tidak ingin budaya warisan nenek moyangnya sirna begitu saja, tergerus oleh munculnya budaya-budaya asing yang belakangan ini kian menjamur di masyarakat.

“Karenanya, kami dari Forkabi Kecamatan Beji bertekad dan siap mengawal serta melestarikan seni budaya Betawi”katanya.

Dia berharap ormas tersebut dapat terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kota Depok, Forkabi juga harus dapat melestarikan budaya Betawi sebagai bagian dari kinerja kepengurusannya.

“Forkabi adalah mitra pemerintah dalam membangun Kota Depok. Kita harapkan ke depan ada sinergi yang lebih erat dan saling mendukung untuk membangun Kota Depok”katanya.

Dia menambahkan, Forkabi harus terus berperan aktif dan peduli dalam pelestarian budaya Betawi.

Sebab, budaya Betawi merupakan entitas yang harus dijaga dan dilestarikan.

Menurutnya, acara halal bi halal atau Hajatan Betawi dimaksud untuk menunjukkan bahwa masyarakat Betawi juga merupakan masyarakat modern yang memiliki keunggulan.

“Dengan acara ini kaum Betawi dan terutama generasi mudanya memiliki kebanggaan karena memiliki berbagai karya di berbagai bidang,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan Hajatan Betawi, seluruh warga Betawi khususnya generasi muda dapat memperkokoh ukhuwah dan meningkatkan motivasinya untuk terus maju.

“Saya berharap potensi-potensi masyarakat Betawi yang ada di berbagai bidang dapat bersinergi untuk kemajuan Betawi dan bangsa Indonesia”katanya.

Hal senada dikatakan Sekretaris Forkabi Kota Depok Mardi, dia mengatakan Forkabi harus terus melestarikan kebudayaan warisan leluhurnya.

Forkabi sebagai ormas di tanah Betawi tentu akan terus menjaga dan melestarikan seni budaya warisan leluhurnya agar ciri khas seni budaya Betawi dan bersinergi dengan Pemkot Depok serta elemen masyarakat.

Forkabi dibentuk sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahim, khususnya terhadap sesama warga Betawi dan masyarakat Depok pada umumnya.

Ke depan, pihaknya akan meningkatkan komunikasi dan konsolidasi baik dengan sesama anggota Forkabi maupun dengan ormas-ormas lainnya.

“Kami Forkabi tidak pernah mengharapkan adanya konflik dan gesekan dengan ormas lain karena Forkabi dibentuk sebagai sarana untuk memperkuat tali silaturahim baik sesama anggota, ormas, dan pemerintah untuk membangun dan menyejahterakan warga Jakarta,” katanya.

Ditegaskannya, Forkabi Kota Depok mulai dari tingkatan DPRT, DPC, hingga DPD secara bulat mendukung segala program, kebijakan, dan keputusan Walikota dan Wakil Walikota Depok saat ini.

”Kami yakin setiap langkah dan kebijakan yang dilakukan pimpinan Kota Depok saat ini akan memihak kepada rakyat, sesuai dengan visi dan misi yang mereka bangun. Namun bila ada yang kurang sesuai, tentunya kami siap memberikan.
masukan atau saran,” tuturnya.