Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Rahamdhan

Oleh: Hardilah Pausiyanti ( STEI SEBI )

Awal puasa Ramadhan 2020 akan segera tiba. Berbagai persiapan dilakukan umat Islam dalam menyambut ibadah puasa dengan bahagia. Tidak hanya persiapan materi, namun persiapan rohani juga diperlukan menuju bulan Ramadhan. Kebanyakan orang hanya berfokus pada persediaan makanan, pakaian, dan juga fisik, namun melupakan persiapan jiwa dan batin juga sangat diperlukan.

hal-hal apa saja yang dapat dipersiapkan menjelang datangnya bulan Ramadhan :

Perbanyak Doa dan Amalan

Berdoa kepada Allah SWT sudah menjadi kewajiban bagi para umat muslim. Menjelang Ramadhan kita hendaknya senantiasa berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Selain berdoa, kita juga perlu memperbanyak amalan kebaikan. Kebaikan kecil dapat kita lakukan secara sederhana, mulai dari memberikan makanan, bersedekah uang, atau berbagi dengan donasi.

Bertaubat

Bertaubat adalah salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum bulan puasa datang. Manusia tentunya tidak luput dari kesalahan dan dosa. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk bertaubat dan meminta ampunan Allah SWT. Dengan memohon ampunan-Nya, kita akan mendapatkan ketenangan batin sehingga akan lebih lancar dalam menjalankan ibadah puasa nantinya. Bertaubat dalam hal ini bukan hanya dalam lisan, namun juga harus dibuktikan dengan perbuatan.

Menguatkan Niat

Ibadah yang sempurna adalah ibadah dengan ikhlas dan tulus. Sebelum bulan Ramadhan datang, kita perlu memantapkan niat untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas dan hanya untuk mencari ridho Allah semata, tanpa ada niatan yang lainnya. Fokuskan tujuan ibadah hanya untuk menghadap Allah SWT.

Lakukan Ibadah Sunnah Sebanyak Mungkin

Hal yang dapat kita persiapkan adalah memperbanyak ibadah sunnah. Tidak ada salahnya kita melatih diri dengan melaksanakan solat sunnah atau puasa sunnah. Dengan melakukan ibadah sunnah seperti puasa senin kamis, kita dapat berlatih agar nantinya di bulan puasa Ramadhan kita telah memiliki bekal untuk menjalaninya dengan baik.

“Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Memperbanyak Dzikir dan Membaca Al Quran

Dzikir dan Membaca Al Quran tidak hanya mendapatkan pahala serta kebaikan, tetapi juga mendatangkan ketenangan hati dan pikiran. Dengan begitu, kita dapat menyambut datangnya bulan puasa dengan hati dan pikiran yang lebih baik.

Memperdalam Ilmu Agama

Persiapan lain yang dapat dilakukan menuju datangnya awal puasa Ramadhan adalah dengan membaca dan mempelajari ilmu agama lebih dalam lagi. Luangkan waktu sejenak untuk menimba ilmu agama, sehingga kita bisa lebih memahami makna dan keutamaan dari ibadah yang kita lakukan. Dengan mengetahui hal tersebut, kita akan menjadi terpacu dan lebih bersemangat untuk melakukan berbagai ibadah sesuai petunjuk Allah SWT.

Membayar Puasa Sebelumnya

Sebelum memasuki awal puasa Ramadhan, kita diwajibkan untuk mengganti (qadha) hutang puasa di Ramadhan sebelumnya. Jika tahun lalu ada hari dimana kita tidak bisa menjalankan puasa karena sakit, dalam perjalanan atau untuk perempuan karena sedang menstruasi, atau sedang menyusui maka sebaiknya kita mengqadha.

Puasa yang kita tinggalkan pada bulan Ramadhan wajib diganti, kecuali bagi orang lanjut usia yang bisa menggantinya dengan membayar fidyah. Terdapat beberapa golongan yang diberi keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan, mereka adalah orang yang sakit, musafir, dan wanita yang sedang haid dan nifas.

Mempersiapkan Keuangan

Selama bulan puasa tentu harus mempersiapkan keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk berbuka untuk berbuka puasa dan sahur. Selain itu di bulan puasa kita dianjurkan untk memperbanyak amal sholih seperti infaq, zakat, sedekah atau ifthar ( memberikan makan orang yang berpuasa).

Menjaga Kesehatan

Persiapan fisik agar tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadhan sangat penting, karena dengan badan yang sehat  maka diharapkan tidak mengalami masalah saat berpuasa. Termasuk melakukan amalan ibadah yang lainnya baik yang wajib ataupun yang sunah. Oleh karena itu sebaiknya kita makan dan minum yang bergizi, halal dan sehat dan jangan lupa di barengi dengan berolahraga.

Menyambutnya Dengan Gembira

Persiapan menyambut ramadan perlu disambut dengan bersukacita dan bergembira. Sebab ramadan datang membawa rahmat, ampunan, pembebasan dari neraka, satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, dan beragam keutamaan lainnya. Oleh karena itu, buat para pecinta dan perindu kebaikan pasti senang dan bersukacita dengan kedatangannya.Seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW selalu menyampaikan kabar gembira kepada para sahabat kalau ramadan akan datang. Beliau melakukannya agar mereka termotivasi memanfaatkan momen ramadan dan berusaha meraup keutamannya.

Biasanya kabar gembira yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ini berupa penjelasan keistimewaan dan keutamaan bulan ramadan. Oleh karena itu, sebagai ummat atau sebagai hamba yang sadar dengan berbagai kelemahan, kekurangan, dan kelalaian dalam ibadah selama ini, kamu patut bersuka cita dengan kedatangan ramadan ini. Karena ramadan merupakan momen untuk meningkatkan kualitas diri dan iman.

Persiapan dan Perencanaan Target

Persoalan yang tidak kalah pentingnya dalam menyambut bulan ramadan adalah dengan persiapan dan perencanaan target. Hal ini memang bersifat teknis, namun sangat penting. Karena dengan persiapan dan perencanaan yang baik, akan sangat membantu memaksimalkan ibadah dan amal shaleh pada bulan ramadan.

Misalnya saja, kamu bisa mempersiapkan dan merencanakan target untuk membaca Alquran. Hal ini penting, guna untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas bacaan Alquran di bulan ramadan.

Semoga bermanfaat

Sekian dan terima kasih