Hadirilah Festival Kuliner Depok 2017

Posted on 14 views

DepokNews —  Untuk mendukung perkembangan usaha kuliner masyarakat Kota Depok, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) bakal menggelar Festival Kuliner, Sabtu – Ahad (12-13 Mei 2017) di Lapangan Parkir ACE Hardware Jalan Margonda Depok.  Dalam kegiatan ini terdapat  berbagai rangkaian acara sebagai berikut:

  1. Launching Nasi Uduk Depok

Nasi Uduk Depok

Sebagai Ikhitar Membangun Komunal Brand Kuliner Kota Depok

Kuliner adalah salah satu bahasa yang bisa mempererat dan mempersatukan antar warga disebuah kota. Kuliner juga sebagai salah satu identitas yang menjadi kebanggaan masyarakat dan menjadi ciri khas sebuah kota. Kuliner juga bisa menjadi destinasi, tempat hadirnya orang-orang dari luar kota untuk memburu kuliner khas sebuah kota.

Kota Depok sebagai kota yang sedang berkembang pesat membutuhkan identitas kuliner yang kuat yang akan menjadi tulang punggung ekonomi warga, pemersatu warga Depok plus kebanggaan warga Depok.

Berdasarkan survei, Nasi Uduk merupakan salah satu menu kuliner yang sangat populer dikalangan masyarakat kota Depok. Hampir disetiap RT dan dipinggir jalan – jalan setiap pagi terhampar menu sarapan nasi uduk. Begitu juga pada malam hampir, walau tidak sebanyak pagi hari, tapi menu nasi uduk menjadi favorit diwarung-warung tenda. Begitu juga ketika acara pengajian, tak lengkap rasanya jika tidak ada santapan nasi uduk plus semur jengkolnya.

Namun demikian kepopuleran nasi uduk tidak dibarengi dengan terangkatnya identitas Depok. Yang justru terangkat adalah nasi uduk betawi. Yang merupakan suku bawaan sebagian besar masyarakat dikota Depok. Tidak ada yang salah dalam hal ini, tapi jelas secara brand, kota depok tidak terangkat dengan populernya nasi uduk. Justru betawi terus terangkat, padahal suku betawi tersebar bukan hanya didepoktapitersebarJakarta, bekasi, tangerang dan lain-lain.

Dalam event Festival Kuliner Depok kali akan melahirkan sebuah komunal brand “Nasi Uduk Depok”” yang akan menjadi Identitas makanan khas kota Depok. Didalam produk Nasi Uduk akan dimasukan unsur indikasi geografis yang mencirikan sebagai Nasi Uduk Depokyang akan membedakan dengan nasi uduk lainnya.

Ciri khas Nasi Uduk Depok

  1. Sambal belimbing
  2. Kripik Jengkol
  3. Semur Jengkol/ bola-bola daging balado
  4. Pesta Kuliner Jomblo

“Jomblo merupakan sebutan bagi seseorang yang tidak memiliki hubungan dengan lawan jenis. Jomblo jgau memiliki arti yang sama dengan sebutan ‘lajang’ atau ‘single”

Pesta Kuliner Jomblo adalah pesta bagi para jomblo yang ada dikota Depok. Pesta kuliner jomblo merupakan wadah bagi para jomblo untuk melakukan kegiatan positif, dimana dalam pesta tersebut di fasilitasi hidangan khas depok sebanyak 1000 pcs. Di pesta tersebut juga disediakan panggung utama lengkap dengan sound system yangmendukung berbagai kegiatan.

Selain hidangan camilan khas depok di PKJ juga akan diadakan talkshow sukses berbisnis para jomblo, talkshow ini bertujuan untuk menginspirasi para remaja dan pemuda bahwa sukses tidak perlu menunggu tua, menunggu menikah atau sederet alasan lainnya.

PKJ yg berkolaborasi dengan organisasi pelajar seperti Wirausaha Pelajar Indonesia, juga akan menayangkan film dokumenter tentang kota Depok sebagai bentuk apresiasi para pemuda untuk kota Depok dan untuk meningkatkan rasa cinta para pemuda dan remaja pada kota Depok. Disamping itu akan ada perfoam dari para remaja dan pemuda untuk memeriahkan pesta kuliner jomblo.

Pesta Lelaki Bersarung

Sarung adalah budaya asli Indonesia yang penggunaannya cukup melekat di kalangan masyarakat. Budaya yang memiliki nilai filosofis tersendiri. Di Depok sarung merupakan pelengkap pakaian khas depok, yang mencirikan salah satu visi kota depok sebagai kota religius.

Pesta Lelaki bersarung adalah cari unik untuk memperkenalkan visi kota depok melalui berbagai macam lomba dengan menggunakan sarung, lomba ini merupakan

lomba pertama yang diadakan di depok dan juga di Indonesia. Cara kreatif ini akan memudahkan penyampaian pesan, karena informasi akan viral dengan cepatnya

Lewat acara Pesta Lelaki Bersarung yang menjadi satu dalam Festival Kuliner Depok, di Ace Hardware, Margonda, pada Minggu 14 Mei 2017 mendatang, diharapkan makin memasyarakatkan budaya bersarung di kalangan generasi muda, dan yang lebih penting lagi adalah makna dibalik bersarung.

“Ide awalnya kami sering melihat Pak Wali Kota mengalungkan sarung di leher. Ini merupakan pakaian pelengkap dan secara simbolis memiliki nilai dari salah satu visi Kota Depok. Kami pikir ini bisa kita kembangkan, untuk dibuatkan acara dengan lomba-lombamenarik,”

Ada 4 kegiatan yang akan dilakukan dalam kegiatan pesta lelaku bersarung

  1. Siapapun yang bersarung akan mendapatkan nasi box ayam sarung (maksimal 100 orang)
  2. Lomba Balap Sarung
  3. Lomba Makan (Ayam) Sarung
  4. Lomba Tarik Sarung