Hadiri Rakernas 2017, Walikota Depok Bawa Pulang Plakat Dari Presiden

Posted on

DepokNews — Walikota Depok Mohammad Idris menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017 di Istana negara.

Rakernas dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kamis (14/09/17). Rakernas dihadiri oleh Pimpinan Kementerian/Lembaga dan Kepala Daerah se-Indonesia. Tampak juga sejumlah Menteri Kabinet Kerja yang hadir antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menkes Nila Moeloek, Menhan Ryamizard Ryacudu, Menristek Dikti M Nasir, Wamenkeu Mardiasmo, Mendag Enggartiasto Lukita, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Saat membuka rakernas, Kepala Negara sempat mengingatkan agar semua pihak tidak boleh memandang pengelolaan keuangan sebagai urusan teknis dan prosedur saja. “Saat ini telah terjadi percepatan inovasi. Karenanya, semua harus bergerak dan berkembang dengan cepat. Maka, sistem pengelolaan keuangan juga diminta ikut merespons perubahan tersebut,” ucap Jokowi seraya mengingatkan soal penyederhanaan laporan keuangan dan penggunaan transaksi non tunai.

“Penyederhanaan SPJ menjadi kunci yang harus dilakukan agar tenaga dan pikiran tidak tertumpu atau terjebak pada laporan yang harus dibuat. Sehingga tenaga dan pikiran bisa benar-benar digunakan untuk mengikuti proses kegiatan dan program yang ada,” ujar Presiden seraya menghimbau untuk beralih pada transaksi non tunai dalam proses keuangan.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan penghargaan kepada instansi dengan raihan opini wajar tanpa pengecualian selama lima tahun berturut-turut atas laporan keuangan dari Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Pemberian penghargaan dilakukan secara simbolik kepada lima instansi saja, yaitu Mahkamah Agung, Kementerian Perdagangan, Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Depok, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Penghargaan yang diterima berupa plakat yang bertuliskan Penghargaan Pemerintah Republik Indonesia kepada Pemerintah Kota Depok atas capaian Opini Wajar Tanpa Pengeculaian untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2012 s.d 2016