Walikota Depok saat perayaan HPN Depok (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews– Pers menjadi pilar keempat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karenanya insan pers juga bisa mencerdaskan masyarakat.

Pekerjaan insan pers mencakup seluruh anggota-anggota vital manusia, tidak hanya otak dan pikiran saja, tetapi juga fisik yang prima, serta kecerdasan hati dan nurani. Semua itu harus bisa ditularkan kepada masyarakat. Agar bisa mencerdaskan masyarakat dengan seluruh komponen manusia yang cerdas, jadi tidak hanya sekedar cerdas pikiran saja.

Pernyataan tersebut diungkapkan Walikota Depok Mohammad Idris saat menghadiri kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 Kelompok Kerja Wartawan (Pokja) Kota Depok. Kegiatan tersebut terselenggara di Predator Land Airsoft Sportifield Detos, Kamis (08/02/18). Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Kapolresta Depok, dan unsur Forkopimda juga terlihat hadir dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Insan Pers Bernurani Membangun Masyarakat Madani’.

Dalam kesempatan itu, Pemimpin Kota Depok juga sempat menjabarkan tentang fungsi pers. Fungsi pers tidak hanya menginformasikan berita-berita saja, tetapi juga mengedukasi, dan mengkontrol. Sehingga dengan fungsi tersebut media massa/pers bisa menjalankan perannya dalam hal mencerdaskan bangsa dan masyarakat.

“Selamat hari pers tahun 2018, semoga pers semakin maju, bermartabat, dan amanah dalam menjalankan fungsi dan perannya. Semoga pers di kota Depok semakin baik dalam mencerdaskan warga dan masyarakat kota Depok,” tutur Idris seraya berharap media bisa menjalankan fungsi kontrol dengan baik, sehingga bersama-sama bisa membangun kota Depok.

Senada, Kapolresta Kota Depok Kombes Didik Sugiarto mengatakan media memilki tanggung jawab dan berperan dalam mengkontrol lembaga-lembaga pemerintah serta social masyarakat. Media juga punya peran yang besar dalam dunia pendidikan, termasuk alam pikir masyarakat. karena banyak opini masyarakat terbangun dari media. “Semoga media di Kota Depok bisa lebih professional, bermartabat, amanah, dan punya visi untuk membangun negeri. Semoga media bisa menjadi perekat dan pemersatu bangsa ini,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Pokja Kota Depok berharap kegiatan ini bisa menyatukan insan pers dengan stake holder dan masyarakat. “Semoga sinergitas yang telah terjalin semakin solid sehingga segala ancaman yang masuk ke Depok secara otomatis bisa dihalau dengan kedekatan diantara kita. Karena kita sama-sama memiliki keinginan untuk menjaga kota, bangsa, dan negara. Semoga dengan kegiatan ini , Depok bisa lebih maju dengan berita-berita yang positif yang dapat membangun kota Depok,” harap Sidarta Agung.