DepokNews – Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto meminta semua masyarakat menjaga diri dengan meningkatkan imunitas tubuh. Semakin lemah imunitas, semakin mudah pula tertular virus. “Saya imbau dari awal agar jaga imunitas, gerakan masyarakat sehat terus digaungkan di mana-mana,” kata Terawan

Jika imunitas tubuh kuat, kata Menteri Terawan, virus Corona tak akan bisa masuk. “Ini penyakit yang bisa sembuh sendiri, tergantung imunitas tubuh,” ujarnya.

Selain menjaga imunitas tubuh, Terawan juga mengimbau masyarakat yang memiliki gejala awal batuk dan pilek untuk memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. “Yang sehat menjauhi yang sakit, yang sakit menutup diri,” ujarnya.

Selain itu, Terawan juga meminta jangan terlalu panik perihal adanya dua WNI yang terinfeksi virus corona. Ia menyebut, kepanikan justru hanya akan menurunkan imunitas tubuh yang membuat diri kita lebih rentan tertular virus.

“Semakin kita melakukan hal-hal yang tidak rasional semakin membuat ketahanan tubuh kita semakin lemah. Karena stres, kepanikan, ketidakrasionalan, tidak sesuai dengan peraturan dengan kesehatan dunia (WHO) itulah yang membuat imunitas tubuh kita turun. Kalau turun maka mudah terinfeksi,” tuturnya di Rumah Sakit Sentra Medika, Senin (02/03).

Ia juga mengingatkan kalau dilawan saat ini adalah virus dan bukanlah bakteri. Pada prinsipnya penyakit yang disebabkan oleh virus itu dapat membaik dengan sendirinya atau biasa disebut dengan self limiting disease.

“Ingat yang kita lawan ini virus loh ya, bukan bakteri. Virus itu self limiting disease, artinya dapat sembuh sendiri. Engga diapa-apain juga sembuh sendiri. Nanti kalau ada hoaks obatnya macem-macem, mahal banget orang beli obatnya. Padahal ndak itu, penyakit (corona) bisa sembuh sendiri,” ujarnya.