Pemberian vaksinasi kepada atlet Kota Depok. (Istimewa)

DepokNews – Para atlet Kota Depok yang akan mengikuti Babak Kualifikasi (BKl Pekan Olahraga Provinsi XIV (Porprov) Jawa Barat (Jabar) 2022 telah divaksinasi. Bukan hanya atlet, sejumlah pelatih juga diberi suntikan vaksin Covid-19.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Depok, Herry Suprianto mengatakan, kesehatan dan kebugaran para atlet di seluruh cabang olahraga (cabor) terus diperhatikan, terutama saat pandemi Covid-19. Untuk itu, KONI bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan RSUD Kota Depok memberi vaksinasi bagi atlet dan pelatih yang akan mengikuti BK Porprov Jabar 2022.

“Kami memberikan perhatian khusus pada atlet, karena mereka sedang disiapkan untuk memasuki BK Porprov 2022. Atlet harus menjaga kesehatan dan kebugaran,” ujarnya, Kamis (19/08/21)

Dirinya menjelaskan, sebanyak 500 orang, baik atlet, pengurus KONI Depok, dan pelatih dari 40 cabor sudah disuntik vaksin. Pelaksanaan vaksinasi tersebut digelar di RSUD pada 29 Juni kemarin, dan sebagian lainnya telah mengikuti vaksinasi mandiri. 

Puluhan cabor itu meliputi Pencak Silat, Drum Band, Sepatu Roda, Kick Boxing, Basket, Tarung Drajat, Atletik, dan Tenis Meja. Kemudian Tinju amatir, Gateball, Bulu Tangkis, Tenis, dan lainnya.  

“Alhamdulillah antusiasme mereka sangat baik. Para atlet ini senang dan berpikir vaksinasi ini mendukung mereka agar lebih sehat,” terangnya.

Dirinya menambahkan, saat pandemi sekarang ini proses latihan sedikit mengalami kendala jika dibandingkan dengan kondisi normal. Misalnya  tidak bisa mengikuti latihan secara tatap muka guna mencegah kerumunan. 

“Para atlet mengikuti latihan bersama pengurus cabang (pengcab) masing-masing. Mengenai kendala memang tidak bisa latihan offline, apalagi cabor beregu dikhawatirkan menjadi klaster,” ucapnya. 

Kendati begitu, para pelatih memiliki inovasi dan metode tersendiri guna mematangkan potensi atlet di setiap cabor. Misalnya saja memberikan tugas secara daring. 

“Kita sudah menyiasati agar atlet ini tetap latihan. Harapan kami tentunya, agar imun mereka kuat, sehingga secara otomatis kesehatannya pun menjadi kuat,” tandasnya.

Sumber : depok.go.id