DepokNews–Di hari terakhir pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Depok dari Partai PDIP Perjuangan Habib Riza Al Habsy pada Jumat (20/9) menyerahkan berkas pencalonan dirinya sebagai Wakil Walikota Depok.

Saat mengembalikan berkas Habib Riza Al Habsyi ke kantor DPC PDI Perjuangan di kawasan GDC Sukmajaya Habib Riza didampingi para pendukunganya.

Habib Riza Al Habsyi kepada wartawan mengatakan dirinya mendaftarkan diri sebagai calon wakil walikota Depok melalui partai PDI Perjuangan karena sejak dulu dirinya merupakan kader PDI Perjuangan.

“Kami sengaja mendaftarkan diri sebagai calon wakil walikota Depok karena dirinya tidak mau mengganggu proses penjaringan yang dilakukan oleh PDI Perjuangan,”katanya.

Dirinya sebagai kader PDI Perjuangan dan sebelumnya sebagai anggota DPRD Propinsi Jawa Barat 2009-2019 ini menginginkan agar kedepannya pembangunan Kota Depok dikelola secara profesional.

Dilandasi rasa cinta sebagai putra Daerah yang besar di Kota Depok dirinya ingin mengembalikan Kota Depok tidak hanya berkembang dan padat tetapi juga seharusnya menjadi contoh kota pelayanan yang tertata dan terkelola dengan baik sehingga menjadi kebanggaan penduduknya.

“Kami rasa persoalan atau masalah di Kota Depok jangan dibiarkan terlalu berlarut-larut,”katanya.

Dirinya menginginkan adanya paragdima baru yang mensinkronisasi apa yang disampaikan atau dimiliki misi dan visi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Kota Depok daerah yang merupakan sebagai penyangga Ibu Kota Negara seharusnya bisa menyerap kebijakan pusat atau nasional yang aksleratif sehingga bisa berdampak pada Kota Depok itu sendiri.

“Kami nilai saatnya Depok harus mengubah pola-pola birokrasi yang saat ini dimiliki, dan memiliki identitas dengan pemerintah pusat,”katanya didampingi timnya Afifah.

Dia juga menyambut langkah penjaringan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Depok yang dilakukan oleh pengurus DPC PDI Perjuangan.

Di dalam pelaksnaan Pilkada Depok PDI Perjuangan harus membangun koalisi besar dengan partai lainnya.

“Di sini kami memahami benar untuk tidak mau menganggu proses penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota ini,”katanya.

Jika dirinya lolos menjadi bakal calon wakil walikota maka kedepannya dia akan melakukan koaliasi tanpa syarat dimana merupakan koalisi sehingga meraih kemenangan dan menghindari politik transaksional yang bisa menyebabkan politik balas budi.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Depok Hendrik Tangke Allo menyambut langkah Habib Riza mendaftarkan diri sebagai calon wakil walikota melaui PDI Perjuangan.

“Kami tau track record habib Riza yang tidak diragukan lagi,”katanya.

Hendrik menambahkan ada 12 yang mendaftar sementara yang mengembalikan formulir hanya enam salah satunya Habib Riza Al Habsyi yang merupakan kader murni PDI Perjuangan.

Mereka yang sudah mendaftar maka selanjutnya menerima undangan pengurus DPP untuk melakukan fit and proper tes dan wawancara.

Dirinya menambahkan ada perbedaan yang dilakukan PDI Perjuangan dibandingkan pada pelaksakaan Pilkada Depok 2015 lalu.

Dimana pada tahun ini proses rekemondasi calon akan lebih cepat dikeluarkan oleh pengurus DPP.