Kadisdik Kota Depok, Mohammad Thamrin (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin tak memungkiri, dengan adanya guru yang purnabakti, maka terjadi kekurangan tenaga pendidik. Tiap tahunnya ada sekitar 200 guru baik Jenjang SD Negeri atau SMP yang pensiun.
“Kepala sekolah dapat merekrut guru honorer, untuk isi kekosongan. Namun kepala sekolah harus mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari Dinas Pendidikan,” jelas Thamrin.
Guru yang pensiun umumnya guru SD. Ia menerangkan tenaga pengajar yang pensiun adalah mereka yang telah mengajar selama 20, 30 hingga 35 tahun. Lama masa bakti pun tergantung kapan yang bersangkutan diangkat menjadi CPNS.
Ia merinci berdasarkan data terbaru jumlah guru di Kota Depok yang ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tercatat total guru12.238. Terdiri atas guru SD 6368, SMP 2872 SMA 1176,  SMK 1748 dan SLB 74. 
“12 ribu sekian itu data guru keseluruhan PNS dan non PNS baik di sekolah negeri maupun di sekolah swasta,” tuturnya.
Sebelumnya, Wali Kota Depok Muhammad Idris memberikan penghargaan kepada ratusan ASN atas dedikasinya selama mengabdikan diri di lingkungan Pemerintahan Kota Depok.  Pada tahun ini umumnya Aparat Sipil Negara (ASN) yang pensiun sebagian besar diantaranya adalah guru di lingkungan Pemkot Depok.(mia)Area lampiran