DepokNews– Keputusan DKI Jakarta menerepakan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) didukung penuh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat menyambangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Selasa (15/9/20) siang.

“Kami menyampaikan Jawa Barat sudah memutuskan untuk mendukung penuh keputusan Pemrov DKI,” kata Ridwan.

Dikatakan Ridwan Kamil PSBB tersebut
sangat berdampak pada wilayah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) bahkan nasional.

“Yah tentunya PSBB total tersebut berdampak pada wilayah lokal Jakarta regional Bodebek dan nasional juga,” kata Ridwan Kamil.

Meski demikian, pria yang akrab disapa kang Emil itu menjelaskan, Jawa Barat sudah menyiapkan dua pola untuk mengantisipasi dampak dari PSBB Jakarta.

Pola pertama kata Ridwan adalah melakukan pengetatan terhadap ekonomi yang memang ada hubungan dengan Jakarta atau zona merah.

Sementara untuk pola kedua adalah akan memperlakukan secara proporsional bagi ekonomi mandiri yang tidak ada hubungan dengan Jakarta.

“Untuk ekonominya mandiri, tidak ada hubungan dengan Jakarta tentu kita perlakukan secara proporsional melalui pembatasan sosial berskala mikro (PSBM),” kata Ridwan.

Pada kesempatan itu, Ridwan juga mengimbau kepada warga Depok untuk disiplin mengikuti arahan dari pemerintah, karena status Depok sekarang berada di level merah Covid-19.

“Dengan disiplin warga mudah-mudahan kita membaik kembali ke level sedang kemudian ringan dan bisa hijau,” tandasnya.