Grand Launching Rumah Berdaya Berlangsung Semarak

Posted on 1,271 views

DepokNews — Rumah Berdaya, sebuah wadah pemberdayaan yang memberikan bekal ketrampilan dan akhlak terutama untuk anak muda Depok dilaunching, Sabtu (17/2/2018) di Aula Masjid Nurul Bustan, Komplek Koperasi II, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

Kegiatan yang dirangkai dengan seminar nasional tersebut berlangsung semarak dengan dihadiri Walikota Depok Mohammad Idris didampingi para pejabat terkait, para tamu undangan serta puluhan peserta seminar yang datang dari berbagai wilayah di Jadebotabek.

Pembina Rumah Berdaya, Ade Supriatna dalam sambutannya membakar semangat anak-anak muda yang nantinya akan diberikan pendidikan ketrampilan secara gratis di Rumah Berdaya untuk bisa menjadi generasi muda yang unggul dan berkepribadian.

“Rumah Berdaya hadir untuk meningkatkan kapasitas anak-anak muda. Kami menginginkan anak-anak muda Kota Depok mandiri secara ekonomi, punya jiwa sosial yang tinggi, peduli pada lingkungan dan taat dalam menjalankan perintah agama,” kata Ade Supriatna.

Untuk membakar semangat anak-anak muda tersebut Ade Supriatna menukil kisah Pahlawan Islam yang dalam usia muda belia mampu menaklukan Konstantinopel yaitu Muhammad al-Fatih. Ade Supriatna juga menukil kisah peran pemuda pada peristiwa Rengas Dengkok menjelang Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

“Dari jaman dahulu hingga jaman sekarang pemuda selalu berada dalam garis depan dalam membangun sebuah peradaban,” kata Ade Supriatna penuh semangat.

Sedangkan Walikota Depok, Mohammad Idris memberikan apresiasi atas terbentuk wadah Rumah Berdaya yang diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang mandiri.

“Secara pribadi dan atas nama pemerintah saya bangga terhadap anak-anak muda Kota Depok yang mempunyai ide-ide besar untuk pembedayaan kewirausahaan seperti yang dilakukan oleh Rumah Berdaya ini, ternyata pembina Rumah Berdaya ini juga masih muda” puji Walikota.

Disisi lain, Pimpinan Rumah Berdaya Fariz Adlan Saputra menjelaskan untuk memberdayakan anak-anak muda Rumah Berdaya mempunyai tiga program unggulan yaitu:

1. UKM Berdaya, yang bertujuan untuk membangun ruang untuk mempertemukan para Pemberdaya dan Pegiat wirausaha untuk mendukung dan mendampingi Usaha Kecil Menengah yang sedang merintis.

2. Bisnis Sosial, menjalankan unit usahanya, tetap berkomitmen pada pemberdayaan masyarakat, yang diwujudkan dalam beberapa unit wirausaha sosial seperti: Digital Marketing Executive and Business Class, Modern Traditional Food and Drink, Housewife based Apparel Manufacturing.

3. Beasiswa Muda Berdaya, merupakan program pemberdayaan pemuda yang bertujuan untuk mencetak pemberdaya muda Solutif, Berjiwa Filantropi, dan Berparadigma Islam.