DepokNews–Pada 28 April 2019, Ikatan Abang Mpok Depok (IKAM) dibawah Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Depok akan menyelenggarakan Grand Launching Pemilihan Abang Mpok Depok 2019 yang bertemakan “Unity and Diversity in Eternity” yang bertempat di Main Atrium D’Mall, Kota Depok. Grand Launching ini merupakan acara untuk mempromosikan kegiatan Pemilihan Duta Pariwisata Kota Depok 2019. Selain itu dalam grand launching ini juga terdapat penampilan tari, musik, dan fashion show untuk menghibur masyarakat Kota Depok dan tentunya akan ada mini talkshow dari para pemenang Abang Mpok Depok tahun sebelumnya yang akan menceritakan suka dan duka menjadi seorang Abang dan Mpok Depok. Dalam acara tersebut juga akan dibuka pendaftaran bagi pemuda-pemudi yang ingin bergabung dengan Abang Mpok Depok 2019.

Tema yang diangkat dalam pemilihan kali ini mengangkat fenomena yang nyata terjadi di Kota Depok dimana terdapat berbagai keberagaman budaya bersatu di suatu daerah. Hal inilah yang membuat iklim akulturasi budaya di Kota Depok sangat kental dan keramahtamahan di antara masyarakat menjadi suatu hal yang alamiah terjadi. Tidak hanya berlangsung sementara, keberagaman yang bersatu ini diharapkan berlangsung berkelanjutan secara abadi. Ini sesuai dengan prioritas Kota Depok untuk menjadi kota nan ramah dan bersahabat sesuai ikon “Depok Friendly City”.

Di tahun ini rangkaian pemilihan Abang Mpok Depok akan dimulai dengan tahap audisi pada tanggal 29-30 Juni 2019. Pada audisi tersebut peserta akan melewati beberapa penjurian seperti pemerintahan, seni dan budaya, public speaking, kemampuan bahasa inggris dan psikologi. Setelah tersaring 30 pasang finalis Abang dan Mpok akan dilanjutkan dengan pembekalan yang akan memberikan pengetahuan terkait hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang duta pariwisata. Para finalis juga akan melakukan city tour dan talent show untuk menunjukan bahwa menjadai seorang duta pariwisata juga harus memiliki jiwa entertain untuk menghibur masyarakat melalui bakat-bakat yang dimilliki. Terakhir, rangakain

ini akan ditutup dengan acara Grand Final pada tanggal 3 Agustus 2019 untuk mengetahui siapakah pemenang Abang dan Mpok Depok 2019. Juara pertama Abang Mpok Depok nantinya akan mewakili Kota Depok dalam ajang Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat yang merupakan pemilihan duta pariwisata ditingkat Provinsi Jawa Barat.

Acara pemilihan ini diharapkan dapat menjaring pemuda/i terbaik Kota Depok untuk nantinya membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata Kota Depok serta menjadi role model bagi pemuda/i Kota Depok lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai linimasa dan persyaratakn pendaftaran dapat diakses melalui instagram resmi Abang Mpok Depok di akun @abgmpokdepok.

LAMPIRAN

Persyaratan Umum

  1. WNI (Warga Negara Indonesia) berusia 18-24 tahun pada saat pendaftaran
  • Mempunyai KTP Depok atau domisili Kota Depok (surat domisili atau surat ket. berkuliah di Depok/Kartu Tanda Mahasiswa)
  • Belum pernah menikah
  • Pendidikan minimal lulus SMA atau sederajat
  • Tinggi badan minimum 170 cm (calon Abang) dan 165 cm (calon Mpok)
  • Sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari NARKOBA

Kelengkapan Berkas

  1. Formulir yang telah diisi lengkap
  • 1 (satu) lembar fotokopi KTP/Kartu Mahasiswa/Kartu Identitas lainnya
  • 1 (satu) lembar fotokopi ijazah terakhir
  • 1 (satu) lembar Curriculum Vitae (CV)
  • Fotokopi Sertifikat/Piagam Akademik/ non Akademik(pilihan)
  • Foto berwarna terbaru :
  • 6 (enam) lembar pasfoto (4×6) ; 1 (satu) lembar ditempel di formulir (latar biru/merah)
  • 3 (tiga) lembar foto seluruh badan (4R) ; 1 (satu) lembar ditempel di formulir (latar putih)
  • 3 (tiga) lembar foto close up (4R) ; 1 (satu) lembar ditempel di formulir (latar putih)

*Foto wajib mengenakan pakaian formal/kerja (Pria: kemeja lengan panjang, dasi, celana bahan warna gelap, sepatu pantofel; Wanita: kemeja, blazer warna gelap, rok selutut/ di bawah lutut warna gelap, sepatu hak tinggi tertutup, make up natural. Bagi yang berhijab menggunakan hijab polos warna gelap model sederhana tanpa aksesoris dengan ciput topi)

*Seluruh foto, selain yang ditempel, dimasukan ke dalam plastik bening ukuran 4R